logo alinea.id logo alinea.id

Langkah pelaku usaha tukar US$ berdampak positif

 BI optimistis Rupiah akan terus menguat dan kembali ke fundamentalnya.

Cantika Adinda Putri Noveria
Cantika Adinda Putri Noveria Jumat, 07 Sep 2018 16:06 WIB
Langkah pelaku usaha tukar US$ berdampak positif

Berdasarkan data Yahoo Finance, nilai tukar Rupiah diperdagangkan dikisaran Rp14.813-14.899 pada hari ini. Jauh lebih baik dari beberapa hari lalu yang menembus Rp14.900. Hal itu didukung bertambahnya supply valas yang masuk ke Indonesia.

Bank Indonesia menilai penguatan Rupiah didukung oleh gerakan yang dilakukan sejumlah pelaku usaha yang menukarkan valas miliknya. Langkah itu diyakini bisa mendukung stabilitas nilai tukar Rupiah ke depannya.

"Mengapresiasi kepada pengusaha yang menjual valasnya dan menambah supply di pasar. Sehingga dua hari ini, supply demand berlangsung sangat baik. Itu penting karena membuat nilai tukar menjadi stabil, dan hari ini menguat," ujar Gubernur Bank Indonesia, Perry Warjiyo, Jumat (7/9)

Itulah sebabnya Perry sangat optimistis Rupiah akan terus menguat dan kembali ke fundamentalnya. Terlebih lagi pergerakan inflasi rendah, malah di Agustus terjadi deflasi. Pertumbuhan ekonomi yang cukup bagus. Kinerja perbankan yang kuat serta pertumbuhan kredit lebih dari 10% dan kencenderungannya semakin naik. Apalagi ada langkah pengurangan current account deficit yang ditempuh pemerintah. Misalkan saja penerapan B20, serta pengendaliaan impor 1.147 barang konsumsi dan pariwisata. 

Sponsored