sun
moon
a l i n e a dot id
fakta data kata
logo alinea.id

Lima fokus PUPR saat pandemi Covid-19

Hingga kini, program padat karya tunai ala Kementerian PUPR telah terealisasi 40% dari anggaran Rp23,24 triliun.

Indah Nawang Wulan
Indah Nawang Wulan Rabu, 02 Jun 2021 21:47 WIB
Lima fokus PUPR saat pandemi Covid-19

Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) fokus melaksanakan lima program prioritas nasional saat pandemi Covid-19. Salah satunya, 20 kegiatan dalam program padat karya tunai senilai Rp23,24 triliun guna membuka lapangan pekerjaan hingga pelosok pedesaan.

Kegiatan tersebut, terang Staf Ahli Menteri PUPR Bidang Teknologi Industri dan Lingkungan, Endra S. Atmawidjaja, seperti reservasi jalan, perbaikan drainase, mengecat jembatan, dan lain-lain. "Itu realisasinya sudah mencapai 40% yang diperkirakan bisa menyerap 1,2 juta tenaga kerja," ucapnya dalam webinar, Rabu (2/6).

Empat okus pembangunan lainnya, sambung dia, meliputi pembangunan sarana dan prasarana (sapras) pariwisata senilai Rp3,8 triliun; proyek ketahanan pangan Rp34,3 triliun; infrastruktur sektor teknologi, informasi, dan komunikasi (TIK) Rp420 miliar; dan kawasan industri Rp9,83 triliun.

Pada kesempatan sama, Direktur Riset CORE Indonesia, Piter Abdullah, program padat karya pada masa pandemi sangat dibutuhkan guna memulihkan perekonomian nasional. Alasannya, mampu meningkatkan ketahanan masyarakat dan pelaku usaha agar bisa bertahan.

Sponsored

“Program padat karya tunai masih sangat dibutuhkan oleh masyarakat saat ini,” ucapnya.

Dirinya mengingatkan, belanja pemerintah melalui program pemulihan ekonomi nasional (PEN) masih menjadi motor penggerak perekonomian saat pandemi. Peter pun mengapresiasi lembaga pemerintah yang terus menjaga ketahanan perekonomian.

"Termasuk menjaga keberlangsungan proyek-proyek infrastruktur yang memberikan dampak turunan yang besar dalam menciptakan lapangan kerja bagi masyarakat dan berimbas pada daya beli masyarakat dan mendorong konsumsi," pungkasnya.

Berita Lainnya

Pemkot Kediri upayakan tambah ambulans

Sabtu, 10 Jul 2021 18:32 WIB

2 varian Xiaomi Mi MIX 4 muncul di TENAA

Kamis, 29 Jul 2021 15:17 WIB

ICW: Tuntutan 11 Tahun Juliari Sangat Rendah

Kamis, 29 Jul 2021 18:48 WIB