logo alinea.id logo alinea.id

Luhut minta PLN tak ikut proyek pembangkit listrik

Menko Kemaritiman Luhut Binsar Pandjaitan meminta PT Perusahaan Listrik Negara (Persero) untuk tidak ikut dalam proyek pembangkit listrik.

Ardiansyah Fadli
Ardiansyah Fadli Kamis, 15 Agst 2019 07:36 WIB
Luhut minta PLN tak ikut proyek pembangkit listrik

Menteri Koordinator (Menko) Bidang Kemaritiman dan Sumber Daya Luhut Binsar Pandjaitan meminta PT Perusahaan Listrik Negara (Persero) untuk menahan diri tidak terlibat dalam investasi kelistrikan yaitu pembangunan pembangkit listrik. Hal tersebut karena PLN harus efisien dalam menggunakan anggarannya. 

Pernyataan ini disampaikan Luhut usai bertemu dengan Pelaksana Tugas (Plt) Direktur Utama PLN Sripeni Inten Cahyani di Gedung Kementerian Koordinator Bidang Kemaritiman. 

"Saya bilang tadi, PLN itu harusnya lebih efisien lah. Jangan terlalu terlibat pembangunan-pembangunan listik dan pembangunan power, biarin saja private sektor yang masuk," kata Luhut di Jakarta, Rabu (14/8).

Luhut justru meminta agar PLN tetap fokus pada pembangunan yang sedang dikerjakan, yaitu pembangunan pembangkit listrik 35.000 Megawatt. 

"Ya saya lebih mengingatkan saja, jangan semua mau. Nanti malah tidak dapat, akhirnya jadi kerjakan apa yang sudah jadi prioritas utamanya" ujarnya. 

Luhut menjelaskan perkembangan terkait dengan blackout atau gangguan pemadaman listrik yang terjadi sedang dalam proses investigasi secara internal oleh PLN.

"Sekarang sedang diaudit semua dilihat, apa salahnya hanya pohon sengon itu," kata dia.

Sementara itu, Plt Dirut PLN Sripeni Inten Cahyani tidak mau memberikan keterangan dan menghindar dari kejaran wartawan usai rapat dengan Luhut.  

Sponsored