logo alinea.id logo alinea.id

Market 28 Maret 2019: IHSG berpotensi rebound akibat kredit perbankan

Indeks Harga Saham Gabungan (IHSG) pada Kamis (28/3) diproyeksi bakal rebound didukung data kredit perbankan.

Eka Setiyaningsih
Eka Setiyaningsih Kamis, 28 Mar 2019 07:35 WIB
Market 28 Maret 2019: IHSG berpotensi rebound akibat kredit perbankan

Indeks Harga Saham Gabungan (IHSG) pada Kamis (28/3) diproyeksi bakal rebound didukung data kredit perbankan.

Analis Indosurya Sekuritas William Surya Wijaya mengatakan, jelang rilis data perekonomian tentang pertumbuhan kredit yang disinyalir masih dalam kondisi stabil, tentunya dapat memberikan sentimen positif terhadap pola pergerakan IHSG.

"Diharapkan menjadi sentimen positif sehingga bisa membalikkan arah IHSG ke zona hijau," kata William dalam riset harian yang diterima Alinea.id, Kamis (28/3).

Menurutnya, rentang konsolidasi yang dilalui dalam beberapa hari ini menunjukkan IHSG sedang membuat pijakan kuat sebelum melanjutkan kenaikan. "Jadi, hari ini IHSG berpotensi naik," ujarnya.

William memprediksi IHSG akan berada pada level 6.356-6.498. Adapun, dirinya merekomendasikan beberapa saham pilihan seperti PT Bank Central Asia Tbk. (BBCA), PT Telekomunikasi Indonesia Tbk. (TLKM), dan PT HM Sampoerna Tbk. (HMSP).

Senada, Analis PT Artha Sekuritas Dennies Christoper Jordan memprediksi IHSG akan menguat. Meski demikian, pergerakan diperkirakan masih cukup fluktuatif dipengaruhi oleh ketidakpastian dari faktor global. 

Secara teknikal, kata dia, peluang penguatan masih terbuka dan ada potensi akan menutup kesenjangan terdekat di sekitar area 6.500. "Optimisme investor diperkirakan akan semakin membaik menyambut periode pembagian dividen," ujarnya dalam riset terpisah.

Dennies merekomendasiham saham PT Aneka Tambang Tbk. (ANTM), PT Medco Energi International Tbk. (MEDC), dan PT AKR Corporindo Tbk. (AKRA). "Saya memprediksi IHSG berada pada level resistance 6.471 dan support 6.429," ujarnya.

Sponsored

Sebagai informasi, pada penutupan perdagangan saham Rabu (27/3), IHSG merosot 25,26 poin atau 0,39% ke posisi 6.444,73. Nilai transaksi harian saham Rp9,1 triliun. Investor asing jual saham Rp213,33 miliar di pasar reguler.