sun
moon
a l i n e a dot id
fakta data kata
logo alinea.id

Masuki bisnis kendaraan listrik, Digital Mediatama Maxima akan manfaatkan jaringan retail

Jaringan retail dan UMKM DMMX akan melakukan distribusi penjualan dan isi ulang baterai kendaraan listrik.

Annisa Saumi
Annisa Saumi Kamis, 10 Jun 2021 16:42 WIB
Masuki bisnis kendaraan listrik, Digital Mediatama Maxima akan manfaatkan jaringan retail

PT Digital Mediatama Maxima Tbk. (DMMX) menuturkan, akan mendukung PT NFC Indonesia Tbk. (NFCX) yang tengah memasuki bisnis kendaraan listrik bersama PT SiCepat Express Indonesia, dengan membentuk perusahaan patungan (joint venture), PT Energi Selalu Baru (ESB). 

Sebagaimana diketahui, Digital Mediatama Maxima memiliki saham minoritas di ESB, dengan menyediakan dukungan komersial, infrastruktur, serta ekosistem.

"Kebetulan ini jadi salah satu aksi korporasi kami untuk masuk ke ranah industri motor listrik, electronic vehicle. Kami akan bersumbangsih dari sisi kekuatan ekosistem kami," kata Presiden Direktur DMMX Budiasto Kusuma dalam konferensi pers, Kamis (10/6). 

Dia melanjutkan, melalui kolaborasi ini, jaringan retail dan UMKM DMMX akan melakukan distribusi penjualan dan isi ulang baterai kendaraan listrik.

"Itu yang akan kami kembangkan bersama menggunakan jaringan DMMX yang sudah skala nasional ini," ujarnya.

Sebagai informasi, ESB akan memiliki saham mayoritas di perusahaan manufaktur kendaraan listrik, PT Volta Indonesia Semesta atau Volta.

ESB bertujuan untuk meningkatkan penyerapan dan penerimaan penggunaan kendaraan listrik di Indonesia, dengan menyediakan distribusi sepeda motor listrik yang seamless dan layanan penukaran baterai (battery exchange), diberdayakan oleh platform digital dan teknologi Internet-of-Things (IoT). 

Volta akan menjadi rumah produksi utama sepeda motor listrik untuk ESB, dengan NFCX menyediakan dan mengelola platform digital untuk registrasi dan pengelolaan kendaraan, pembayaran, dan rewards. ESB akan memanfaatkan kemampuan logistik serta jaringan SiCepat dan Telefast untuk merencanakan dan menyebarkan stasiun penukaran baterai. 

Sponsored

Ekspansi jaringan penukaran baterai ini juga akan menggunakan jaringan toko ritel DMMX yang luas di seluruh Indonesia.

Ramai-ramai melepas jerat fast fashion

Ramai-ramai melepas jerat fast fashion

Sabtu, 12 Jun 2021 08:10 WIB
Pilu di balik pembatalan ibadah haji

Pilu di balik pembatalan ibadah haji

Jumat, 11 Jun 2021 07:19 WIB
Berita Lainnya