sun
moon
a l i n e a dot id
fakta data kata
logo alinea.id

Medio Agustus, Kementerian PUPR realisasikan 81% bantuan PSU

Bantuan diberikan kepada pengembang yang membangun hunian MBR.

Fatah Hidayat Sidiq
Fatah Hidayat Sidiq Senin, 17 Agst 2020 21:48 WIB
Medio Agustus, Kementerian PUPR realisasikan 81% bantuan PSU
Informasi mutakhir perkembangan Covid-19 di Indonesia bisa dilihat di sini
Terinfeksi 1.341.314
Dirawat 153.074
Meninggal 36.325
Sembuh 1.151.915

Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) baru merealisasikan 81% bantuan prasarana, sarana, dan utilitas (PSU) di 116 lokasi hingga medio Agustus 2020. Total anggaran yang disediakan Rp102 miliar untuk 11.514 rumah bersubsidi atau bagi masyarakat berpenghasilan rendah (MBR). 

"Para pengembang bisa mengajukan usulan bantuan PSU kepada Kementerian PUPR dengan berkoordinasi dengan pemerintah daerah setempat terlebih dulu," ujar Direktur Rumah Umum dan Komersial (RUK) Direktorat Jenderal Perumahan Kementerian PUPR, M. Hidayat.

Bantuan PSU mencakup pekerjaan seperti jalan lingkungan, penyediaan jaringan air bersih, dan tempat pembuangan sampah terpadu kepada pengembang yang membangun perumahan MBR. Harapannya, akan lebih banyak rumah bersubsidi yang dibangun dan meningkatkan kualitas lingkungan hunian MBR.

"Jika rumah subsidi memiliki fasilitas yang baik, tentunya generasi milenial akan lebih tertarik untuk memiliki aset hunian tersebut," jelasnya, mencuplik situs web Kementerian PUPR.

Sponsored

Sejak 2015-2019, Kementerian PUPR telah menyalurkan bantuan PSU untuk 119.695 rumah bersubsidi secara nasional. Diproyeksikan bakal meningkat seiring bertambahnya kebutuhan hunian MBR setiap tahunnya.

Sementara itu, Direktur Utama Pusat Pengelolaan Dana Pembiayaan Perumahan (PPDPP) Kementerian PUPR, Arif Sabaruddin, sesumbar, generasi milenial yang tertarik memiliki aset berupa rumah bersubsidi mulai meningkat. Kilahnya, harga terjangkau, desain menarik, dan pembiayaan menggiurkan.

"Kami memiliki aplikasi Sikasep yang dapat mempermudah generasi milenial untuk mendapatkan informasi mengenai produk bantuan pemerintah jika mereka ingin memiliki rumah bersubsidi," paparnya.

Berita Lainnya