sun
moon
logo alinea.id logo alinea.id

Melantai di bursa, saham CSSI naik 32%

PT Communication Cable System Indonesia Tbk (CCSI) menjadi emiten ke-15 yang mencatat saham di Bursa Efek Indonesia (BEI) pada tahun ini.

Annisa Saumi
Annisa Saumi Selasa, 18 Jun 2019 10:47 WIB
Melantai di bursa, saham CSSI naik 32%

PT Communication Cable System Indonesia Tbk. (CCSI) resmi mencatatkan sahamnya di Bursa Efek Indonesia (BEI) pada Selasa (18/6). Perusahaan yang bergerak di bidang industri kabel serat optik, industri kabel listrik, industri pipa plastik ini adalah perusahaan tercatat ke-15 sepanjang tahun 2019 dan ke-632 di BEI.

CCSI melepas sebanyak 200 juta saham baru pada penawaran umum perdana saham atau setara dengan 20% modal disetor dan ditempatkan perseroan dengan harga Rp250 per lembar saham.

"Dana yang dihimpun dari Initial Public Offering (IPO) sekitar 93% akan digunakan untuk belanja modal dan sisanya untuk keperluan modal kerja," kata Direktur Utama CCSI Peter Djatmiko, di aula utama gedung BEI, Jakarta, Selasa (18/6).

Peter menjelaskan perseroan memiliki rencana untuk mengembangkan proyek fiber optic submarine cable (FO submarine) yang akan dilakukan tahun 2019-2020. Hal ini, lanjut Peter, dilakukan untuk mendukung strategi pertumbuhan perseroan dengan melihat prospek industri telekomunikasi nasional yang masih akan memberikan pertumbuhan positif.

Sementara itu, sisa dana sebesar 7% akan digunakan untuk modal kerja dalam rangka pengoperasian proyek FO submarine tersebut yang meliputi pembayaran gaji dan tunjangan karyawan, perlengkapan kantor, akomodasi dan transportasi.

Saham perusahaan yang beroperasi sejak 1996 ini dibuka menguat sebesar 32% atau ke level Rp330 pada pembukaan perdagangan hari ini. Saham CCSI diperdagangkan dengan frekuensi sebanyak 37 kali dengan volume 1,19 juta saham dan dengan nilai sebesar Rp385,71 juta.

Sebelumnya, saham CCSI mengalami oversubscribe sebanyak 2,5 kali pada fase bookbuilding bulan Mei lalu. Selama itu, permintaan yang masuk mencapai Rp125 miliar dengan nilai emisi IPO CCSI sebesar Rp50 miliar.

Sebagai informasi, CCSI merupakan salah satu pemasok kabel laut serat optik, kabel darat, dan pipa HDPE untuk proyek Palapa Ring Paket Timur. Perseroan memiliki kapasitas produksi sekitar 20.000 kilometer kabel optik atau setara dengan 1,6 juta km serat optik per tahun.

Sponsored

Selain proyek Palapa Ring, CCSI juga mengekspor kabel laut serat optik untuk Telecom Selandia Baru. Kabel serat optik tersebut dipasang dan dibentangkan di Cook Strait, yang hingga saat ini masih digunakan walaupun telah berusia lebih dari 15 tahun. 
 

Gelora dan politik kanibal pemecah PKS

Gelora dan politik kanibal pemecah PKS

Rabu, 20 Nov 2019 19:35 WIB
Sepak terjang militer di pucuk pimpinan PSSI

Sepak terjang militer di pucuk pimpinan PSSI

Selasa, 19 Nov 2019 21:07 WIB