sun
moon
a l i n e a dot id
fakta data kata
logo alinea.id

Menhub Ad Interim Luhut pastikan transportasi dan logistik aman

Luhut Binsar Pandjaitan menjadi Menteri Perhubungan Ad Interim untuk menggantikan Budi Karya Sumadi yang terinfeksi coronavirus.

Annisa Saumi
Annisa Saumi Senin, 16 Mar 2020 14:24 WIB
Menhub Ad Interim Luhut pastikan transportasi dan logistik aman
Informasi mutakhir perkembangan Covid-19 di Indonesia bisa dilihat di sini
Terinfeksi 534.266
Dirawat 66.752
Meninggal 16.825
Sembuh 445.793

Menteri Koordinator Maritim dan Investasi yang merangkap Menteri Perhubungan (Menhub) Ad Interim Luhut Binsar Pandjaitan memberikan lima arahan ke Kementerian Perhubungan (Kemenhub). Arahan tersebut diberikan saat melakukan rapat koordinasi melalui video conference di Jakarta, Minggu (15/3).

Juru Bicara Kemenhub Adita Irawati mengatakan arahan dari Menhub Ad Interim yaitu pertama, jajaran Kemenhub segera mendata individu di lingkungan Kemenhub yang berpotensi terinfeksi coronavirus atau Covid-19 untuk mendapatkan prioritas pemeriksaan kesehatan.

"Arahan kedua, sterilisasi ruangan kerja di Kemenhub agar segera dimulai selama dua hari kedepan," kata Adita dalam keterangan tertulisnya, Senin (16/3).

Ketiga, Luhut meminta untuk sementara tidak ada perjalanan dinas pejabat dan pegawai Kemenhub ke luar negeri.

Keempat, Luhut meminta Direktur Jenderal (Dirjen) Perhubungan Laut, Dirjen Perhubungan Udara, Dirjen Perhubungan Darat, dan Dirjen Perkeretaapian mengutamakan kebersihan semua moda transportasi publik. Seperti dengan penyemprotan disinfektan tiga kali sehari.

"Hal serupa juga agar dilaksanakan di daerah-daerah. Diharuskan ada sosialisasi publik atau pengumuman di titik-titik utama transportasi publik tentang gejala Covid-19 dan imbauan untuk menjaga kebersihan diri sendiri dan kebersihan lingkungan, serta himbauan untuk menghindari perjalanan bagi yang merasa sakit," tutur Adita.

Selain itu, Luhut juga meminta jajaran Kemenhub memastikan arus transportasi logistik tetap lancar. Terutama, untuk memastikan ketersediaan kebutuhan pokok masyarakat tetap terjamin.

Sebelumnya, Menteri Sekretaris Negara Pratikno mengumumkan Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi positif terinfeksi coronavirus. Presiden Joko Widodo, kata Pratikno, menugaskan Luhut Binsar Pandjaitan sebagai Menteri Perhubungan Ad Interim agar fungsi-fungsi kementerian tidak terganggu.

Sponsored
Berita Lainnya