sun
moon
logo alinea.id logo alinea.id

Menteri Keuangan konsultasikan anggaran dengan pimpinan DPR

Beberapa masukan disampaikan oleh anggota legislatif, termasuk rencana merenovasi gedung DPR masih dalam pertimbangan Kementerian Keuangan.

Cantika Adinda Putri Noveria
Cantika Adinda Putri Noveria Kamis, 20 Jun 2019 18:26 WIB
Menteri Keuangan konsultasikan anggaran dengan pimpinan DPR

Menteri Keuangan Sri Mulyani mengadakan pertemuan dengan pimpinan DPR membahas Anggaran Pendapatan dan Belanja Negara Tahun Anggaran 2019-2020. Sri Mulyani tidak merinci apa saja yang dibahas kementeriannya bersama DPR.

"Saya bersama jajaran Wakil Menteri, Eselon I, diundang untuk konsultasi dengan pimpinan DPR. Membahas beberapa hal, menyangkut kondisi dari pelaksanaan anggaran 2019. Termasuk yang ada di dewan, juga untuk perencanaan 2020," ujar Sri Mulyani usai melakukan rapat dengan pimpinan DPR di komplek DPR, Kamis (20/6).

Beberapa masukan disampaikan oleh anggota legislatif, termasuk rencana merenovasi gedung DPR masih dalam pertimbangan Kementerian Keuangan.

"Masih di dalam proses menyusun rancangan APBN 2020, jadi semua aspirasi kami dengarkan," tutur Sri Mulyani.

Sponsored

Untuk diketahui, Badan Usaha Rumah Tangga (BURT) DPR menyebutkan, bahwa PR membutuhkan pagu indikatif untuk 2020 sebesar Rp7,7 triliun. Namun, yang disetujui oleh Kementerian Keuangan dan Bappenas hanya Rp5,7 triliun. Pagu indikatif DPR 2020 yang sebesar Rp5,7 triliun sama besarnya dengan anggaran DPR pada tahun ini. 

Berdasarkan keterangan Wakil Ketua Fahri Hamzah, dana tambahan sebesar Rp2 triliun itu rencananya digunakan DPR untuk merenovasi gedung DPR. Kata Fahri, gedung MPR/DPR tidak lagi mampu menampung ke-575 anggota DPR periode 2019-2024. 

"Sekarang anggota DPR 575 anggota dan masing-masing anggota memiliki tujuh staf. Tapi pemerintah belum ada uang katanya. Kayaknya Kementerian Keuangan menunggu gedungnya rubuh. Biar jadi berita internasional. Mungkin maksudnya begitu, biar ada kehebohan di Indonesia," ungkapnya.