sun
moon
a l i n e a dot id
fakta data kata
logo alinea.id

Minim sentimen, IHSG masih menghadapi tekanan

Perlambatan perekonomian merupakan salah satu faktor yang memengaruhi pola gerak IHSG.

 Ratih Widihastuti Ayu Hanifah
Ratih Widihastuti Ayu Hanifah Jumat, 26 Nov 2021 09:52 WIB
Minim sentimen,  IHSG masih menghadapi tekanan

Indeks Harga Saham Gabungan (IHSG) melemah 0,16% ke level 6.688,57 pada pembukaan sesi pertama hari ini. Koreksi IHSG terus bertambah pada menit-menit awal perdagangan, hingga menyentuh level terendahnya di 6.670,98 pada pukul 09.10 WIB.

CEO Indosurya Bersinar Sekuritas William Surya Wijaya mengatakan, pergerakan IHSG masih memiliki potensi tekanan yang lebih besar dibanding dengan daya kenaikannya. Selain daripada itu, belum adanya arus deras capital inflow yang melaju signifikan ke dalam pasar modal Indonesia membuat pasar bergerak lebih konsolidatif.

"Upaya untuk mencatatkan level all time high (ATH) masih belum berhasil yang disebabkan oleh minimnya sentimen yang dapat mendongkrak kenaikan IHSG, perlambatan perekonomian merupakan salah satu faktor yang memengaruhi pola gerak IHSG hingga saat ini," kata William dalam risetnya yang ditayangkan IDX Channel, Jumat (26/11).

Tidak menentunya momentum kenaikan IHSG, menyebabkan investor asing memanfaatkan untuk berbelanja saham di bursa. Diketahui, investor asing telah membukukan nilai beli bersih sebesar Rp19,51 miliar pada Jumat awal perdagangan sesi pertama. Nilai tersebut setara dengan Rp499,93 miliar dalam sepekan. 

Sponsored

Berikut adalah saham-saham yang dapat jadi pilihan hari ini diprediksi naik dan menghijau di bursa di antaranya, PT Telkom Indonesia Tbk. ( TLKM), dan PT Adi Sarana Armada Tbk. (ASSA).

Berita Lainnya