sun
moon
a l i n e a dot id
fakta data kata
logo alinea.id

Mirae Asset Sekuritas perkirakan IHSG masih positif selama Januari

Selama delapan tahun terakhir tren IHSG selama Januari selalu positif.

Annisa Saumi
Annisa Saumi Rabu, 13 Jan 2021 12:54 WIB
Mirae Asset Sekuritas perkirakan IHSG masih positif selama Januari
Informasi mutakhir perkembangan Covid-19 di Indonesia bisa dilihat di sini
Terinfeksi 939.948
Dirawat 149.388
Meninggal 26.857
Sembuh 763.703

PT Mirae Asset Sekuritas Indonesia memperkirakan Indeks Harga Saham Gabungan (IHSG) masih akan bergerak positif pada Januari ini. Hal ini sejalan dengan optimisme prospek ekonomi di tahun baru.

Head of Research Division Mirae Asset Sekuritas Hariyanto Wijaya mengamati, selama delapan tahun terakhir tren IHSG selama Januari selalu positif. Dia pun meyakini fenomena January effect akan terjadi tahun ini.  

"Trennya positif karena orang menyambut tahun baru dengan ekspektasi baru. Biasanya fund manager juga melakukan rebalancing di tahun baru itu, sehingga secara keseluruhan pasar bergerak positif," ujar Hariyanto, Rabu (13/1).

Tercatat sejak awal tahun hingga penutupan perdagangan sesi I pada Rabu (13/1), atau year to date (ytd), IHSG telah mengalami kenaikan 4,71%. Meskipun adanya pengetatan PPKM, Hariyanto optimistis memandang ke depan jika IHSG masih akan bergerak positif selama Januari tahun ini.

Optimisme Hariyanto ini disebabkan oleh tiga faktor. Pertama, pengadaan vaksin yang jelas dan track record Menteri Kesehatan Budi Gunadi Sadikin yang dipandang baik dalam eksekusi vaksin.

Selain itu, adanya kepastian penggunaan vaksin Sinovac yang telah mendapatkan izin penggunaan darurat oleh BP POM dan sertifikat halal dari MUI, turut mendorong optimisme tersebut.

"Ini akan membuat orang percaya dengan vaksin Sinovac dan hal baiknya, Presiden Joko Widodo menjadi orang pertama yang divaksin," kata dia.

Faktor kedua, Indonesia sebagai penghasil dan pengekspor komoditas juga mendapatkan keuntungan dari kenaikan harga komoditas. Mirae Asset Sekuritas mencatat harga minyak sawit mentah (CPO) mencapai MYR3.900 per ton, yang merupakan level tertinggi sejak 2008.

Sponsored

Ketiga, January effect ini akan dipengaruhi oleh bangkitnya manufaktur China. Aktivitas manufaktur China terus berkembang dalam delapan bulan beruntun. Pesanan pabrik baru China dan ekspor baru untuk pabrik juga naik, yang dikonfirmasi oleh permintaan yang lebih tinggi untuk produk China dari pasar luar negeri.

Berita Lainnya
×
img