sun
moon
a l i n e a dot id
fakta data kata
logo alinea.id

Mitsubishi Motors: Indonesia jadi basis produksi dan pasar penting

Mitsubishi mencatat penjualan besar dari produk Xpander di Indonesia.

Laila Ramdhini
Laila Ramdhini Sabtu, 18 Mei 2019 08:19 WIB
Mitsubishi Motors: Indonesia jadi basis produksi dan pasar penting

Indonesia bakal menjadi basis produksi dan pasar yang semakin penting bagi Mitsubishi Motors Corp. Hal ini menyusul dipromosikannya Presiden Direktur PT Mitsubishi Motors Krama Yudha Indonesia (MMKI) Takao Kato sebagai CEO perusahaan mobil Jepang itu, menggantikan Osamu Masuko.

"Promosi Mr Kato menunjukkan Indonesia sebagai pasar yang sangat diperhatikan Mitsubishi," kata Presiden Direktur PT Mitsubishi Krama Yudha Sales Indonesia (MMKSI) Naoya Nakamura, di Jakarta, Jumat (17/5) malam.

Naoya menjelaskan di Indonesia Mitsubishi Motors Corp memiliki dua perusahaan yaitu MMKSI sebagai distributor utama dan MMKI sebagai produsen kendaraan Mitsubishi yang dipasarkan di tanah air maupun untuk ekspor.

Keberhasilan Mitsubishi menggebrak pasar domestik melalui kendaraan serba guna kecil (small multipurpose vehicle/Small MPV) Xpander menjadi salah satu pencapaian kedua perusahaan mengembangkan bisnisnya di Indonesia.

Naoya menyebut Mitsubishi Xpander menjadi model kendaraan yang penjualannya menembus angka 100.000 unit tercepat, karena hanya dicapai dalam 18 bulan.

Keberhasilan tersebut tidak lepas dari peranan MMKI yang dipimpin Takao Kato untuk menggenjot produksi Mitsubishi Xpander yang permintaannya terus bertengger rata-rata di atas 6.000 unit per bulan. MMKI memiliki kapasitas produksi 160.000 kendaraan per tahun.

"Mitsubishi Xpander produk yang sexy dan beri keuntungan yang besar bagi konsumen dengan resale value yang bagus," ujarnya.

Pada Januari-Maret 2019 penjualan Mitsubishi Xpander telah menembus angka 17.902 unit dengan pangsa pasar 31,4 persen di segmen small MPV.

Sponsored

"Ini (Mitsubishi Xpander) adalah model dengan penjualan terbesar," ujar Naoya Nakamura. Mitsubishi Xpander memberi kontribusi lebih dari 50 persen penjualan MMKSI pada triwulan I 2019 yang mencapai 34.100 unit.

Direktur Pemasaran dan Penjualan MMKSI Irwan Kuncoro menambahkan Mitsubishi Xpander akan terus mendominasi kontribusi penjualan MMKSI di Indonesia. Selain Mitsubishi Xpander, MMKSI juga memiliki model lain yang menjadi unggulan di tanah air, antara lain yaitu Mitsubishi Pajero (SUV) dan Mitsubishi Triton, dan Mitsubishi L-300.

"Tahun ini kami memproyeksikan penjualan MMKSI mencapai sekitar 140.000-150.000 unit dan lebih dari 50% berasal dari Mitsubishi Xpander," kata Irwan. (Ant)

Berita Lainnya
×
tekid