close icon
Scroll ke atas untuk melanjutkan
Logo MNC bank

MNC Bank kolaborasi layanan cloud dengan AWS

Kerja sama ini untuk bisa memberikan layanan perbankan kepada lebih dari 200 juta masyarakat Indonesia.
swipe

Amazon Web Services/AWS ASEAN dan MNC Bank/MotionBanking menandatangani piagam kolaborasi atau kerja sama, yang digelar secara virtual briefing melalui room zoom pada (27/9) pukul 10.00 WIB. Penandatanganan kerja sama ini juga disaksikan oleh Executive Chairman MNC Group Hary Tanoesoedibjo dan Managing Director Amazon Web Services ASEAN Conor Mcnamara.

Country Leader Amazon Web Services Indonesia Gunawan Susanto mengatakan, kerja sama ini untuk bisa memberikan layanan perbankan kepada lebih dari 200 juta masyarakat Indonesia.

"Tentunya sebagai pemain cold atau penyedia layanan cold services terbesar di Indonesia, kami berkomitmen untuk bisa memberikan layanan yang aman, tangguh, dan berstandar global yang dibutuhkan untuk membuat MotionBanking ini bisa melayani 200 juta pelanggan yang ada di Indonesia,” jelasnya dalam diskusi virtual (27/9).

Gunawan Susanto juga berharap akan lebih banyak lagi kerja sama dengan MNC Bank dan terutama untuk memberikan layanan-layanan yang inovatif.  Dalam hal memenuhi kebutuhan pelanggan melalui MotionBanking, sehingga kerja sama ataupun kolaborasi yang berkesinambungan ini akan bermanfaat bagi Indonesia. Dan investasi yang dilakukan pihaknya bisa mempercepat transformasi digital, dan mendorong berkembangnya pelaku usaha lokal untuk bisa berkontribusi lebih baik untuk perekonomian Indonesia.

Sedangkan COO MotionBanking Teddy Tee menjelaskan alasan MotionBanking perlu mengadopsi teknologi cold computing.

“Ada tiga aspek utama mengapa MotionBanking harus mengadopsi teknologi-teknologi cold computing. Pertama, costumer fokus, di mana kami akan melayani costumer menjadi lebih baik dengan semua pengembangan yang ada. Kedua, dari sisi market, kami tahu tidak sendiri dalam industri ini, makanya perlu berkompetisi untuk menghadirkan produk-produk relevan dan berkualitas. Ketiga, kita tahu teknologi bergulir dengan cepat, untuk itu kami ingin mengadopsi teknologi yang paling handal bagi layanan ini, serta pengelolaan data yang aman dan terbaik,” tutur Teddy

CTO MotionBanking Parman Suparman juga menuturkan perbedaan-perbedaan yang akan dirasakan khususnya oleh nasabah setelah ditetapkannya digital core banking. 

“Dari sisi ketersediaan sistem layanan, yaitu kemudahan layanan perbankan dapat juga dinikmati oleh nasabah, seperti pada mobile application, web application, atau perangkat elektronik lainnya. Dan yang paling utama adalah nasabah akan mendapatkan variasi layanan dan hasil perbankan yang lebih tepat sasaran, sesuai dengan kebutuhan nasabah dengan tetap memperhatikan fitur experience yang baik”, pungkasnya

Dari kolaborasi MotionBanking/MNC Bank dengan AWS, maka MotionBanking bisa mendorong peningkatan pengalaman pelanggan bersama dengan Amazon Web Services (AWS) sebagai media cold services, MotionBanking juga akan menghadirkan inovasi-inovasi baru kedepannya untuk memberikan kenyamanan dalam layanan perbankan bagi para pengguna atau nasabahmya. 

MNC Bank mengembangkan solusi perbankan digital, MotionBanking, dengan AWS untuk melayani kebutuhan pelanggan yang meningkat, khususnya pengelolaan keuangan lewat platform digital. MotionBanking memiliki berbagai layanan keuangan seperti rekening tabungan, transfer, pembayaran kartu kredit, notifikasi real-time, dan masih banyak lagi. 

BABP akan menggunakan kapabilitas cloud AWS yang komprehensif, termasuk infrastruktur AWS Asia Pacific (Jakarta) Region yang segera hadir, untuk menjalankan core banking secara aman di cloud, menskalakan mengikuti permintaan nasabah, dan berinovasi menghadirkan layanan keuangan secara cepat.

Misalnya,  MNC Bank berencana membangun gudang data cloud memanfaatkan layanan analitik data AWS untuk menganalisis ratusan juta titik data konsumen secara bersamaan, seperti empat FTA TV MNC Media yang menguasai 54% pangsa pasar, 10 juta pelanggan DTH, televisi berbayar, dan broadband, 286 juta follower media sosial, 100 juta monthly active user (MAU) dari layanan streaming OTT dan super apps, 75 juta pembaca portal online, 2,7 juta pengguna platform e-commerce MNC Group, dan lebih banyak lagi di seluruh unit usahanya. 

Analisis ini akan memberikan  MNC Bank wawasan mengenai nasabahnya, seperti pola dan tren perilaku, yang memungkinkan MotionBanking untuk menyediakan layanan dan produk keuangan yang disesuaikan, untuk meningkatkan keterlibatan dan pengalaman perbankan digital

MNC Bank kolaborasi layanan cloud dengan AWS
Senin, 27 September 2021 13:06
Artikel ditulis oleh
img
Kania Nurhaliza
Reporter
img
Hermansah
Editor
Bagikan :
×
cari
bagikan