sun
moon
a l i n e a dot id
fakta data kata
logo alinea.id

Momen Piala Dunia tingkatkan penjualan MKNT

Momen Piala Dunia dapat dinikmati masyarakat secara digital lewat teknologi streaming.

Eka Setiyaningsih
Eka Setiyaningsih Rabu, 04 Jul 2018 09:51 WIB
Momen Piala Dunia tingkatkan penjualan MKNT

Kemeriahan Piala Dunia turut dirasakan pelaku industri telekomunikasi dan distribusi, salah satunya dirasakan emiten ritel di bidang perdagangan pulsa isi ulang, smartphone, dan gadget, PT Mitra Komunikasi Nusantara Tbk (MKNT).

Founder dan Direktur MKNT, Roby Tan, mengatakan momen Piala Dunia, memengaruhi bisnis voucher pulsa dan data internet di daerah operasional MKNT. Salah satu alasannya adalah momen Piala Dunia dapat dinikmati masyarakat secara digital lewat teknologi streaming.

“Kami berusaha lebih ekstra untuk memastikan agar pelanggan tetap mengakses pulsa dan paket data internet dengan mudah di setiap kios-kios langganan mereka di daerah,” tutur Roby dalam keterangan resmi yang diterima Alinea, Selasa (3/7).

Roby menjelaskan sebagai distributor utama produk pulsa dan paket internet Telkomsel di Pulau Jawa, Bali, dan Sumatra, MKNT berkewajiban memastikan stok produk di setiap kluster selalu terpenuhi sampai ke lever pengecer.

"Kami ingin memastikan agar pelanggan pulsa dan paket data dari kami bisa terlayani dengan prima di ajang Piala Dunia ini. Jangan sampai para pelanggan kami kesulitan melakukan isi ulang atau kehabisan paket data internet," ungkap Roby.

Adapun strategi penjualan dan distribusi perusahaan dalam menjalankan bisnisnya, tidak hanya sampai ke distributor daerah dan pengecer, tetapi juga sampai ke end-user atau konsumen.

Sejak resmi dimulai pada pertengahan Juni 2018 lalu, Roby memperkirakan kenaikan permintaan pulsa akan mencapai sekitar 15%, juga terkait dengan moment hari raya Idul Fitri sebelumnya.

Selain itu, perusahaan juga telah menyiapkan beberapa strategi untuk mendukung fundamental operasional perusahaan.

Sponsored

"Kami berinisiatif mengkaji peluang kerjasama dengan perusahaan fintech P2P Lending Kimo. Dari kerjasama ini kami harapkan mitra-mitra pengecer di daerah bisa mengakses permodalan untuk membeli stok pulsa dan paket data internet,” ujar Roby.

Inisiasi kolaborasi ini juga merupakan bagian dari upaya strategis MKNT untuk terus berkolaborasi. Guna mempercepat pengembangan usaha mikro di Indonesia yang secara langsung juga akan memberikan dampak positif kepada bisnis Perseroan.

MKNT merupakan distributor perangkat mobile untuk merek dagang Samsung OPPO dan Huawei di Indonesia. Sampai dengan 2017, bisnis tersebut sukses membuat MKNT meraih 9,52% market share. MKNT memiliki 16 kluster dari Telkomsel yang di dalamnya terdapat 74 kantor cabang dengan 31 unit GraPari dan 43 Mobile Gallery di Indonesia. Adapun untuk jaringan retailer, MKNT memiliki 175.000 retailer yang melayani 79 outlet Telkomsel Distribusi.

Mengutip laporan keuangan perusahaan di keterbukaan informasi, sepanjang 2017, MKNT sukses meraih penjualan sebesar Rp 6,3 triliun atau tumbuh sebesar 2,23% dibanding periode yang sama di tahun sebelumnya di angka Rp 270,9 miliar. Perseroan juga mencatatkan laba komprehensif senilai Rp 90,2 miliar atau naik sebesar 3,81% dari Rp 2,3 miliar. Sedangkan pada kuartal pertama 2018, MKNT mencatatkan penjualan bersih sebesar Rp 1,51 triliun.
 

Berita Lainnya
×
tekid