sun
moon
a l i n e a dot id
fakta data kata
logo alinea.id

Musim mudik, arus parkir di TOD Bandara Soetta meningkat

PT Angkasa Pura II akan memperluas area TOD hingga 6.100 m2.

Laila Ramdhini
Laila Ramdhini Kamis, 21 Jun 2018 09:29 WIB
Musim mudik, arus parkir di TOD Bandara Soetta meningkat

PT Angkasa Pura II membuka fasilitas Transit Oriented Development (TOD) serta Parkir Inap di Bandara Soekarno Hatta, untuk memudahkan para calon penumpang, terutama selama musim mudik Idul Fitri 1439 H. Jumlah pengguna mengalami peningkatan dengan lebih dari 8.000 kendaraan keluar masuk setiap harinya. 

Transit Oriented Development (TOD) merupakan sebuah kawasan yang disiapkan untuk memindahkan penumpang yang menggunakan kendaraan pribadi menuju Bandara International Soekarno-Hatta

Adapun transportasi yang disiapkan oleh pengelola bandara adalah armada bus yang menghubungkan TOD menuju Terminal 1, 2, dan 3, serta menuju Stasiun Kereta Bandara dan perkantoran di kawasan Bandara Internasional Soekarno-Hatta. Fasilitas bus yang disediakan juga tidak dipungut biaya alias gratis.

Ke depan, Angkasa Pura II berencana memperluas lahan yang digunakan TOD ini, dari saat ini 4.600 m2, menjadi 6.100 m2. Langkah ini perlu diambil guna mengantisipasi meningkatnya jumlah kendaraan bermotor yang akan parkir di TOD.

"Hingga saat ini, lahan parkir secara keseluruhan diperuntukkan bagi kendaraan bermotor roda dua. Nantinya setelah dilakukan pengembangan, diharapkan TOD mampu menyediakan 7.500 parkir kendaraan roda dua dan 192 parkir mobil. Nantinya fasilitas parkir akan menggunakan sistem knock down 4 tingkat," kata Executive General Manager Bandara Soekarno-Hatta M Suriawan Wakan di Jakarta, Kamis (21/6).

Angkasa Pura II selaku pengelola TOD mempersiapkan 4.100 lahan parkir untuk kendaran roda dua. TOD ini terdiri atas gedung tiga lantai serta lahan parkir kendaraan bermotor. Sejak dioperasikan pada Februari 2018, animo masyarakat dalam memanfaatkan fasilitas ini terus meningkat. Hingga saat ini, tercatat 8.124 kendaraan roda dua yang keluar masuk menggunakan lahan parkir tersebut setiap harinya. Secara keseluruhan, TOD telah dipersiapkan untuk mampu menampung 6.000 kendaraan roda dua.

Sedangkan untuk layanan parkir inap, Angkasa Pura II telah menyediakan sejumlah lokasi bagi para pengguna jasa fasilitas parkir inap.

Adapun titik-titik Parkir Inap di Bandara Soekarno-Hatta sebagai berikut:
1. Parkir Inap 1 Timur berlokasi di samping Tower LPPNPI, kapasitas 488 lot;
2. Parkir Inap 2 Barat berlokasi di depan Stasiun Kereta Bandara, kapasitas 347 lot;
3. Parkir Inap Tambahan T2 berlokasi di dekat parkir musholla, kapasitas parkir 162 lot; dan
4. Parkir Inap Tambahan T1 berlokasi di ex Pangkalan Damri, kapasitas 80 lot.

Sponsored

Dengan total lahan parkir sebanyak 1.077 lot dan waktu operasional parkir 24 jam, para penumpang tidak perlu khawatir akan ketersediaan lot parkir. Angkasa Pura II juga menyediakan Layanan Online Reservation Parkir Inap Bandara Internasional Soekarno-Hatta, yang memudahkan pengguna jasa dalam memesan parkir inap sebelum tiba di Bandara Internasional Soekarno-Hatta.

Sistem reservasi parkir inap secara online dapat digunakan melalui aplikasi dalam versi android yaitu “Parkir Inap Angkasa Pura II” yang dapat diunduh melalui Google Play, yang kemudian akan tersedia untuk versi iOS di Apple Store.

“Kami terus meningkatkan pelayanan terhadap masyarakat dari segala sudut, terutama dalam peak season Idul Fitri kali ini. Penumpang tidak perlu lagi khawatir tidak mendapat lahan parkir, cukup gunakan aplikasi yang telah kami sediakan untuk melakukan online reservation", jelas Wakan.

Adapun tarif parkir inap Bandara Internasional Soekarno-Hatta adalah Rp 30.000 untuk 4 jam pertama. Penambahan jam parkir akan dikenakan tarif progresif sebesar Rp 6.000 setiap jamnnya, dengan mekanisme sistem pembayaran melalui E-payment yang sudah dapat dilakukan pada sejumlah bank seperti Bank Mandiri, BNI, BRI dan BCA.

Pengembangan aplikasi layanan parkir inap pada fase berikutnya akan diintegrasikan dengan aplikasi Indonesia Airports Apps, dan akan dilengkapi dengan sejumlah penambahan fungsi antara lain, full book via mobile apps dan parking’s sensor yang memungkinkan pengguna jasa untuk memilih posisi lot parkir saat melakukan reservasi di smartphone.

Berita Lainnya
×
tekid