sun
moon
a l i n e a dot id
fakta data kata
logo alinea.id

Nelayan Demak butuh kemudahan buat kartu PAS dan KUSUKA

Kontribusi sektor kelautan dan perikanan Demak mencapai 143,17% dari target RpRp788.891.250.

Fatah Hidayat Sidiq
Fatah Hidayat Sidiq Rabu, 09 Jun 2021 18:44 WIB
Nelayan Demak butuh kemudahan buat kartu PAS dan KUSUKA

Sektor kelautan dan perikanan Kabupaten Demak, Jawa Tengah (Jateng), menyumbangkan pendapatan daerah sebesar Rp1.129.446.830. Angka itu 143,17% lebih tinggi dari target yang dicanangkan, Rp788.891.250.

Biro Penguatan Anggota Kesatuan Nelayan Tradisional Indonesia (KNTI), Hendra Wiguna, menyatakan, hal itu membuktikan kontribusi nelayan nyata. Karenanya, pemerintah harus benar-benar memperhatikan kesejahteraan para pelakunya.

"Mulai dari permodalan, memberikanan keadilan informasi, hingga pelayanan yang SOP-nya jelas dan memudahkan nelayan, serta gencarkan sosialisasi kartu KUSUKA," ucapnya dalam keterangan tertulis, Rabu (9/6).

Dia menerangkan, KNTI Jateng baru-baru ini melakukan survei. Hasilnya, banyak kendala dan tantangan yang dihadapi nelayan.

"Ini menjadi tantangan tersendiri bagi KNTI di Jawa Tengah ke depannya. Kerja-kerja kolaborasi dengan semua pihak akan kami laksanakan, terlebih saat ini pemerintah Jawa Tengah sedang menggagas Raperda Perlindungan Nelayan," tuturnya.

Ketua DPD KNTI Demak, Muhammad Syafii, menambahkan, pihaknya kini sedang mengadvokasi pembuatan kartu KUSUKA dan kartu sertifikasi (PAS). 

"Pembuatan kartu PAS nelayan Demak harus dilakukan di luar kota, tepatnya di daerah Jepara. Pembuatan kartu PAS nelayan Demak membutuhkan waktu setahundikarenakan terlalu banyak menunggu antrean saat pembuatan," jelasnya.

Kartu PAS merupakan dokumen kelengkapan selain Surat Bukti Pencatatan Kapal Perikanan (BPKP) yang harus dimiliki nelayan untuk mendapatkan rekomendasi pembelian BBM bersubsidi.

Sponsored

Muhammad Syafii melanjutkan, nelayan Demak juga berharap adanya penambahan solar packed dealer untuk nelayan (SPDN) di Kecamatan Sayung, Karang Tengah, Bonang terutama di Desa Betawalang, dan Kecamatan wedung tepatnya di Desa Babalan.

"Nelayan juga berharap adanya bantuan permodalan dikarenakan 70% nelayan di Demak merupakan ABK dan tidak memiliki perahu. Dengan adanya bantuan permodalan, diharapkan nelayan ABK dapat memiliki perahu sendiri sebagai modal usaha," tandansya.

Berita Lainnya