sun
moon
a l i n e a dot id
fakta data kata
logo alinea.id

Nilai transaksi Bukalapak naik 130% sepanjang 2020

Masyarakat memanfaatkan platform digital untuk memenuhi kebutuhan sehari-hari di tengah pandemi.

Nanda Aria Putra
Nanda Aria Putra Rabu, 06 Jan 2021 18:53 WIB
Nilai transaksi Bukalapak naik 130% sepanjang 2020

Pandemi membawa berkah bagi perusahaan e-commerce. Bukalapak mencatat adanya peningkatan earning before interest, taxes, depreciation, and amortization (EBITDA) sebesar 80%, serta tambahan 4 juta pelapak dan mitra pada masa pandemi Covid-19. 

Nilai transaksi selama tahun 2020 juga melonjak lebih dari 130% dibandingkan dengan periode yang sama di tahun 2019.

"Di Bukalapak ada peningkatan yang signifikan di pelapak dan mitra kami. Ini adalah fakta dan juga peluang bahwa platform dagang digital memiliki peran yang relevan dan esensial saat ini,” ujar Rachmat Kaimuddin, CEO Bukalapak dalam siaran pers, Jakarta, Rabu (6/1).

Pertumbuhan nilai transaksi diklaim didukung dengan pengembangan fitur dan layanan perusahaan, baik pada platform marketplace ataupun O2O (online to offline), yang dinilai efektif dalam menjawab kebutuhan dan permasalahan di tengah masyarakat.

VP of Marketplace Bukalapak Kurnia Rosyada mengatakan banyak masyarakat yang memanfaatkan platform digital untuk memenuhi kebutuhan sehari-hari di tengah pandemi. Sepanjang tahun 2020, transaksi di Bukamall naik sebesar 17% tiap bulannya.

"Untuk membantu para pelapak dalam memasarkan produknya, kami akan menerapkan tarif super seller 0,5%,” kata Kurnia. 

Selain belanja, fitur dan layanan yang paling sering digunakan pengguna Bukalapak di masa pandemi adalah produk virtual dan finansial. Seperti, pembayaran listrik, air, pajak, pengiriman uang, pinjaman finansial, dan pengajuan kredit rumah.

"Pertumbuhan pengguna yang menggunakan produk virtual dan produk finansial di Bukalapak berkontribusi dalam memberikan pemerataan akses dan membantu Indonesia untuk meningkatkan inklusi keuangan di tengah-tengah masyarakat," ujar President BukaFinancial & Digital Victor Putra Lesmana.

Sponsored

Hingga kini, terdapat sekitar 40 produk virtual yang ditawarkan melalui marketplace maupun mitra Bukalapak.

Berita Lainnya