sun
moon
a l i n e a dot id
fakta data kata
logo alinea.id

Sinergikan program, OJK harap bisa tingkatkan jumlah penabung

Sinergi Aksi Menabung merupakan salah satu implementasi dari diterbitkannya Keppres No 26 Tahun 2019 tentang Hari Indonesia Menabung.

Hermansah
Hermansah Minggu, 20 Okt 2019 04:41 WIB
Sinergikan program, OJK harap bisa tingkatkan jumlah penabung
Informasi mutakhir perkembangan Covid-19 di Indonesia bisa dilihat di sini
Terinfeksi 406.945
Dirawat 58.868
Meninggal 13.782
Sembuh 334.295

Otoritas Jasa Keuangan (OJK) meluncurkan program Sinergi Aksi Indonesia Menabung sebagai puncak kegiatan Bulan Inklusi Keuangan 2019 yang pelaksanaannya digelar di Mal Kota Kasablanka, Jakarta, Sabtu.

Sinergi Aksi Menabung merupakan salah satu implementasi dari diterbitkannya Keputusan Presiden (Keppres) No 26 Tahun 2019 tentang Hari Indonesia Menabung yang diperingati setiap 20 Agustus.

Sinergi aksi ini melibatkan OJK, BI, LPS dan Lembaga Jasa Keuangan dalam meningkatkan kepedulian masyarakat tentang pentingnya menabung untuk investasi, perlindungan dan masa depan. 

Sinergi Aksi Indonesia Menabung bertujuan untuk mewujudkan kepemilikan rekening oleh seluruh masyarakat Indonesia. Berbagai program telah dimulai seperti kepemilikan rekening oleh seluruh pelajar, atau “One Student, One Account”. 

Sponsored

“Kegiatan Bulan Inklusi Keuangan diharapkan mampu mendorong keterbukaan akses keuangan bagi masyarakat. Masyarakat secara terbuka dapat memperoleh informasi terkait produk dan layanan keuangan, serta memanfaatkan produk keuangan yang dibutuhkan seperti untuk menabung ini,” kata Anggota Dewan Komisioner OJK Bidang Edukasi dan Perlindungan Konsumen Tirta Segara dalam keterangan tertulisnya.  

Kegiatan Bulan Inklusi Keuangan akan menjadi agenda nasional dan dilakukan secara secara berkesinambungan setiap tahunnya di seluruh wilayah Indonesia. Melalui kegiatan ini diharapkan akan memberikan dampak yang positif khususnya dalam pemenuhan dan perluasan akses keuangan bagi masyarakat serta pencapaian tingkat inklusi keuangan di Indonesia.  

Kegiatan tersebut merupakan bagian dari upaya untuk mendukung Peraturan Presiden (Perpres) Republik Indonesia Nomor 82 Tahun 2016 tentang Strategi Nasional Keuangan Inklusif (SNKI), terutama dalam mendorong pencapaian tingkat Inklusi Keuangan di Indonesia. 

Berita Lainnya