logo alinea.id logo alinea.id

Pameran KKI 2019, UMKM raup omzet ratusan juta

Pameran Karya Kreatif Indonesia (KKI) 2019 digelar di Jakarta Convention Center (JCC) pada 12-14 Juli 2019.

Eka Setiyaningsih
Eka Setiyaningsih Minggu, 14 Jul 2019 11:31 WIB
Pameran KKI 2019, UMKM raup omzet ratusan juta

Bank Indonesia (BI) menggelar Pameran Karya Kreatif Indonesia (KKI) 2019 sebagai bentuk penghargaan kepada para pelaku Usaha Mikro, Kecil, dan Menengah (UMKM) di Tanah Air.

Dalam pameran tersebut, UMKM mampu meraup puluhan hingga ratusan juta. Salah satunya booth dari Nusa Tenggara Timur (NTT). Penjaga booth, Esi mengaku meraup Rp93 juta pada hari pertama pameran pada Jumat (12/7).

"Hari kedua, bersyukur mencapai Rp130 juta. Harapannya di hari terakhir ini dapat Rp200 juta," ujar Esi saat ditemui di lokasi pameran KKI, Jakarta Convention Center (JCC) Senayan, Jakarta, Minggu (14/7).

Esi menjelaskan, boothnya menjual berbagai kain khas dari berbagai daerah di NTT, kain Sumba menjadi favorit para pembeli. Ia juga menjual berbagai jenis ukuran seperti untuk selendang, selimut, dan sarung.

"Kami juga jual dalam ukuran dua meter, untuk bahan baju atau lainnya. Untuk baju jadi kami pun buat. Kami datang langsung dari NTT," kata dia.

Sementara itu, pemburu kain NTT mayoritas adalah perempuan. Harga yang ditawarkan beragam milai dari Rp100.000 hingga Rp 10 juta.

"Kebanyak ibu-ibu pejabat yang beli. Harganya pun sama seperti di tempat aslinya. Karena stan, fasilitas semua disediakan oleh BI," ucapnya.

Ia mengaku, kain-kain karya penenun dari NTT juga dipasarkan melalui platform digital. "Ada di e-commerce juga kok," kata dia.

Sponsored

Beralih dari NTT, karya dari Kalimantan tidak kalah menarik. Berbagai aksesori seperti kalung dan gelang dapat menjadi pilihan untuk dibeli.

Harga yang ditawarkan juga terjangkau, mulai dari Rp50.000 hingga Rp5 juta. "Kami jual asli dari Kalimantan, tidak hanya kain khas dari sana saja tapi ada kalung, gelang, dan aksesori lainnya," kata Doni penjaga booth di Kalimantan Barat. 

Menurut pantauan Alinea.id, pameran dibuka pukul 09.30. Karya dari berbagai provinsi di Indonesia di pamerkan dalam acara KKI ini. Ada dari Jawa Tengah, Jawaa Barat, DKI Jakarta, Bali, Maluku, Sumatera Selatan, Kalimnantan Barat, Sulawesi Sselatan, Papua, dan lain-lain.

Sebagai informasi, KKI 2019 merupakan penyelenggaraan yang ke-empat kali, dengan tema "Mendorong Pertumbuhan Ekonomi melalui UMKM Go Export dan Go Digital". 

Kegiatan KKI 2019 dirancang secara terintegrasi, meliputi pameran produk unggulan, pagelaran karya kreatif yang dilaksanakan setiap hari, serta taIkshow, workshop, business matching dan business coaching untuk mendukung UMKM Go Global dan Go Digital. 

Produk kreatif UMKM yang ditampilkan terdiri dari kain tradisional dan fesyen, kerajinan, dan makanan dan minuman olahan termasuk kopi. 

Produk-produk kreatif yang ditampilkan memiliki nilai otentik/original, memiliki nilai budaya, mengangkat citra daerah, memiliki nilai ekonomis tinggi, dan berkualitas ekspor. 

Jumlah UMKM yang berpartisipasi pada KKI 2019 sebanyak 370 UMKM, terdiri dari 120 UMKM kategori kain, 83 kerajinan, dan 167 makanan dan minuman olahan termasuk kopi dari seluruh nusantara.