sun
moon
a l i n e a dot id
fakta data kata
logo alinea.id

Pandemi Covid-19, Kemenhub tiadakan larangan mudik Iduladha

Lonjakan penumpang diprediksi terjadi pada transportasi antarkota maupun dalam kota.

Fatah Hidayat Sidiq
Fatah Hidayat Sidiq Rabu, 29 Jul 2020 06:37 WIB
Pandemi Covid-19, Kemenhub tiadakan larangan mudik Iduladha
Informasi mutakhir perkembangan Covid-19 di Indonesia bisa dilihat di sini
Terinfeksi 135123
Dirawat 39290
Meninggal 6021
Sembuh 89618

Kementerian Perhubungan (Kemenhub) tidak menerapkan larangan mudik jelang Iduladha 1441 H, Jumat (31/7). Namun, tetap mengantisipasi adanya lonjakan penumpang dan lalu lintas kendaraan saat libur panjang.

Lonjakan penumpang diperkirakan terjadi pada transportasi antarkota maupun di dalam kota. Pangkalnya, masyarakat akan bersilahturahmi ataupun berlibur usai beribadah.

"Kami telah lakukan antisipasi di simpul-simpul transportasi, di jalan-jalan nasional dan tol, dan di daerah wisata yang diprediksi akan terjadi peningkatan arus kendaraan karena long weekend mulai Jumat, Sabtu, dan Minggu," ucap Menteri Perhubungan, Budi Karya Sumadi, Selasa (29/7).

Upaya pencegahan lainnya dengan mempersiapkan personel serta berkoordinasi dengan Polri-Dinas Perhubungan untuk meningkatkan pengawasan di lapangan. Juga meminta operator menciptakan transportasi yang aman dan produktif dari area keberangkatan hingga di tujuan.

Dirinya mengklaim, Kemenhub bersama pihak-pihak berkepentingan (stakeholder) berkomitmen menyediakan transportasi publik yang aman dan sehat guna mencegah penyebaran coronavirus baru (Covid-19).

"Kami berupaya membangun kepercayaan publik agar merasa percaya diri menggunakan transportasi publik, seperti bus, kereta api, pesawat, dan kapal," katanya.

"Beberapa waktu lalu, saya sempat meninjau ke sejumlah simpul transportasi, seperti di bandara, stasiun, pelabuhan, dan terminal di Jakarta, Tangerang, Merak, Solo, Yogyakarta, dan penerapan protokol kesehatannya cukup baik,” sambungnya.

Meski demikian, masyarakat diimbau tetap menerapkan protokol kesehatan saat menggunakan transportasi publik. Memakai masker dan pelindung wajah, menjaga jarak, mencuci tangan, serta hasil tes cepat (rapid test) atau usapnya (swab) nonreaktif/negatif, misalnya.

Sponsored

Di sisi lain, Budi menjelaskan, pihaknya menyediakan enam kapal ternak untuk memenuhi pasokan hewan kurban di sejumlah daerah. Pada Sabtu (25/7), menyitir situs web Kemenhub, kapal ternak KM Camara Nusantara 2 yang mengangkut 550 ekor sapi telah tiba di Pelabuhan Dumai, Riau, dari Pelabuhan Tenau, Kupang.

Kemenhub pun memastikan angkutan logistik antarkota tetap berjalan lancar guna menjaga ketersediaan logistik nasional, khususnya kebutuhan dasar masyarakat.

Berita Lainnya