sun
moon
logo alinea.id logo alinea.id

Antisipasi lonjakan pengunjung, Pasar Tanah Abang ditutup jelang Ramadan

Perumda Pasar Jaya mengantisipasi ledakan pengunjung jelang Ramadan di tengah merebaknya Covid-19.

Nanda Aria Putra
Nanda Aria Putra Kamis, 26 Mar 2020 18:27 WIB
Antisipasi lonjakan pengunjung, Pasar Tanah Abang ditutup jelang Ramadan
Informasi mutakhir perkembangan Covid-19 di Indonesia bisa dilihat di sini

Perusahaan Umum Daerah (Perumda) Pasar Jaya akan menutup sementara Pasar Tanah Abang selama sembilan hari. Mulai dari 27 Maret hingga 5 April 2020. Ini untuk mencegah penyebaran coronavirus.

Direktur Utama Perumda Pasar Jaya Arief Nasrudin mengatakan penutupan tersebut meliputi seluruh blok di area Pasar Tanah Abang, meliputi Pasar Blok A, Blok B, dan Blok F. Sedangkan untuk Blok G masih dibuka, namun hanya untuk pedagang bahan pokok.

“Seluruh aktivitas perdagangan di pasar tersebut kita liburkan sementara, ini merupakan salah satu langkah pencegahan dan penyebaran Covid-19, terkecuali di Blok G boleh berjualan khusus bahan pangan saja,” katanya dalam keterangan resmi, Kamis (23/3).

Arief menuturkan, sebagai pasar tekstil terbesar di Asia Tenggara, Pasar Tanah Abang selalu kebanjiran pengunjung tiap memasuki Ramadan seperti saat ini. Untuk itu, lanjutnya, pihaknya mengambil langkah penutupan sementara pasar.

Pasalnya, pengunjung yang datang tidak hanya berasal dari dalam negeri, juga dari mancanegara. Pergerakan orang akan semakin banyak di pasar tersebut.

"Setiap bulan suci Ramadan angka pengunjungnya cukup naik tajam, shingga perlu dilakukan pembatasan agar penyebaran Covid-19 bisa dicegah di pasar tekstil terbesar se-Asia Tenggara tersebut," ucapnya.

Dia mengatakan, langkah tersebut telah dikomunikasikan kepada seluruh pedagang terlebih dahulu.

“Untuk penutupan ini tentu sudah dilakukan komunikasi dan sosialisasi kepada pedagang terlebih dahulu, kita sampaikan beberapa hal agar ada pengertian bersama dan sepakat untuk menutup bersama area pasar hingga batas waktu tersebut,” tuturnya.

Sponsored

Sebelumnya, sejumlah langkah juga telah dilakukan Pasar Jaya untuk menekan penyebaran Covid-19 di pasar tersebut. Manajemen telah membatasi akses masuk kedalam pasar. Setiap pedagang dan masyarakat yang akan masuk diukur suhu tubuhnya. 

Jika ada pedagang dan masyarakat yang suhu tubuhnya di atas 38 derajat celcius, maka dilakukan sejumlah penanganan khusus. Di setiap pintu masuk pasar tersebut juga telah disiapkan hand sanitizer bagi pedagang dan masyarakat yang akan masuk ke dalam area pasar. 

Tak hanya itu, di Pasar Tanah Abang juga telah dilakukan penyemprotan disinfektan. Penyemprotan ini dilakukan diseluruh sarana berjualan, kantor, fasilitas dan sarana ibadah yang ada.

“Bagi masyarakat dan pedagang juga kita ingatkan untuk selalu memantau media sosial resmi milik Pasar Jaya, atau jika ada pertanyaan bisa disampaikan di layanan call center kami dengan nomor 081280080063,” ujarnya.

Memetik laba di tengah pandemi corona

Memetik laba di tengah pandemi corona

Selasa, 31 Mar 2020 17:51 WIB
Nasib pekerja informal yang di ujung tanduk

Nasib pekerja informal yang di ujung tanduk

Senin, 30 Mar 2020 06:10 WIB
Berita Lainnya