sun
moon
a l i n e a dot id
fakta data kata
logo alinea.id

Menhub: Pelabuhan Patimban akan ciptakan 200.000 lapangan kerja baru

Kemenhub merencanakan membangun politeknik kemaritiman sebagai bagian dari Pelabuhan Patimban.

Annisa Saumi
Annisa Saumi Jumat, 27 Nov 2020 15:08 WIB
Menhub: Pelabuhan Patimban akan ciptakan 200.000 lapangan kerja baru

Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi menyampaikan, kehadiran Pelabuhan Patimban di Kabupaten Subang, Jawa Barat, akan memberikan efek yang luar biasa ke perekonomian. Menurutnya, paling tidak akan tercipta 200.000 lapangan pekerjaan baru dengan kehadiran pelabuhan ini.

"Kami optimistis Patimban bisa memberikan efek luar biasa. Bahkan kami harapkan paling tidak 200.000 lapangan pekerjaan baru," ujar Budi dalam diskusi virtual, Jumat (27/11).

Dia melanjutkan, pihaknya juga merencanakan membangun politeknik kemaritiman sebagai bagian dari Pelabuhan Patimban. Pembangunan politeknik ini dilakukan untuk meningkatkan sumber daya manusia.

Menurut Budi, saat ini jumlah sekolah maritim yang ada belumlah cukup. Dia menuturkan, setidaknya dibutuhkan 3.000 orang perwira untuk ratusan pelabuhan dan kapal yang ada di Indonesia.

"Kita memiliki 12 sekolah maritim, tetapi tidak cukup. Kita butuh 3.000 perwira karena ratusan pelabuhan dan ratusan kapal butuh itu," kata dia.

Khusus untuk Pelabuhan Patimban, kata Budi, pihaknya akan memberikan segala kemampuan untuk pengelolaan bahari. Khususnya operator pendukung Pelabuhan Patimban itu sendiri.

Untuk diketahui, pemerintah memperkirakan Pelabuhan Patimban bisa mulai digunakan pada Desember tahun ini. Dalam tahap pertama pembangunan pelabuhan ini setidaknya bisa digunakan untuk kegiatan car terminal, khususnya untuk melakukan ekspor-impor mobil dan distribusi mobil ke seluruh Indonesia.

Tahap kedua, pelabuhan ini akan difungsikan untuk kebutuhan logistik, bagi kawasan industri yang berada di Cibitung, Cikarang, dan sekitarnya.

Sponsored
Berita Lainnya