logo alinea.id logo alinea.id

Pelni angkut 1.000 ton beras ke pelosok

PT Pelayaran Nasional Indonesia (Persero) atau Pelni akan mengangkut 1.000 ton beras untuk pasok barang kebutuhan pokok.

Cantika Adinda Putri Noveria
Cantika Adinda Putri Noveria Kamis, 04 Apr 2019 11:37 WIB
Pelni angkut 1.000 ton beras ke pelosok

PT Pelayaran Nasional Indonesia (Persero) atau Pelni akan mengangkut 1.000 ton beras untuk pasok barang kebutuhan pokok ke daerah terpencil, tertinggal, terdepan, dan perbatasan (T3P). 

Kepala Kesekretariatan Perusahaan PT Pelni (Persero) Yahya Kuncoro mengatakan, pihaknya akan mengangkut beras dari Badan Urusan Logistik (Bulog) tersebut dari Tanjung Perak, Surabaya ke Pelabuhan Tahuna, Kabupaten Kepulauan Tahuna, Sulawesi Utara. 

"Saat ini sudah mulai proses loading barang dimuat dengan kontainer milik PELNI. Kapalnya akan berangkat pada 10 April 2019," ujar Yahya dalam keterangan resmi di Jakarta, Kamis (4/4). 

Pemuatan beras (loading) tersebut dilakukan di Surabaya dari Gudang Jawa Timur menggunakan 50 kointainer dengan berat masing-masing 20 ton per TEUs. 

Kemudian, beras akan dikirim ke Tahuna yang selanjutnya akan didistribusikan ke pulau-pulau sekitarnya dengan kapal tol laut KM Kendhaga Nusantara I, setibanya di Bitung. 

"Kapal tol laut tidak langsung ke Tahuna, namun kontainer akan dipindahkan di Bitung yang saat ini menjadi pelabuhan penguhubung atau hub. Selanjutnya, barang akan diangkut  dengan kapal Tol Laut KM Kendhaga Nusantara I dengan rute Bitung-Tagulandang-Tahuna-Melanguane-Miangas-Bitung,"  kata dia.

Untuk diketahui, Pelni saat ini melayani Tol Laut rute H1+T10 dari Tanjung Perak-Makassar-Bitung-Tidore-Morotai-Buli-Maba-Gebe-Tidore-Tanjung Perak dengan KM Logistik Nusantara 2 dan KM Logistik Nusantara 3. Di rute ini Pelni mengangkut barang-barang kebutuhan pokok dan barang penting.

Dalam mengembangkan bisnis angkutan barang atau logistik, Pelni telah mengeluarkan investasi untuk pengadaan 1.500 kontainer pada tahun 2018. Semuanya berupa kontainer kering serta reefer kontainer ukuran 20 feet dan berbagai ukuran lainnya untuk melayani kebutuhan angkutan yang terus tumbuh.

Sponsored

Pada awal 2019, kontainer Pelni sudah mulai datang sebanyak 400 TEUs. Selanjutnya, kontainer tersebut dikirim ke kantor cabang Surabaya. Kontainer baru tersebut sebanyak 50 kontainer untuk mengangkut beras Bulog dari Surabaya ke Tahuna, Sulawesi Utara.

Selain itu, kontaner ini juga dikirim ke Makassar untuk mengangkut berbagai komoditas barang dari Makassar ke berbagai pelabuhan di dalam negeri.