sun
moon
a l i n e a dot id
fakta data kata
logo alinea.id

Pemerintah akan batasi penerbangan ke negara tertentu

Selain China, ada empat negara yang diwaspadai pemerintah.

Laila Ramdhini
Laila Ramdhini Selasa, 03 Mar 2020 15:22 WIB
Pemerintah akan batasi penerbangan ke negara tertentu
Informasi mutakhir perkembangan Covid-19 di Indonesia bisa dilihat di sini
Terinfeksi 80094
Dirawat 37247
Meninggal 3797
Sembuh 39050

Kementerian Perhubungan akan membatasi penerbangan dari dan ke sejumlah negara tertentu seperti yang dilakukan ke China. Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi mengatakan pembatasan penerbangan ke sejumlah negara ini menyusul penyebaran coronavirus yang semakin parah. 

"Potensinya ada pembatasan, indikator banyak tapi kemungkinan ke empat negara yaitu Korea Selatan, Jepang, Italia, dan Iran," ungkap Budi Karya di Jakarta, Selasa (3/3).

Budi mengaku kebijakan itu akan didiskusikan lagi dengan Menteri Koordirnator bidang Perekonomian Airlangga Hartarto.

Di sisi lain, Budi mengatakan kebijakan diskon tiket pesawat tetap diterapkan meski dua warga Indonesia dinyatakan positif terkena coronavirus jenis baru (Covid-19). Diskon pesawat ini berlaku mulai 1 Maret dan akan dievaluasi setelah tiga bulan.

"Insentif bagi turis asing juga tetap dijalankan mulai 1 Maret," kata Budi.

Untuk diketahui, diskon tiket pesawat  diberikan hingga separuh harga alias 50% dari harga tiket. Potongan harga tersebut akan diberikan untuk 25% kursi per pesawat yang terbang ke 10 destinasi pilihan selama tiga bulan sejak 1 Maret sampai 31 Mei 2020.

Pemerintah memberikan diskon untuk tiket pesawat mulai dari 45%-50%. Pertama, diskon diberikan sebesar 45% dari harga tiket untuk penerbangan pada maskapai full service.

Kedua, untuk pesawat medium class akan diberikan diskon tiket sebesar 48%. Ketiga maskapai low cost carrier akan mendapatkan diskon 50% dari harga tiket.

Sponsored

Diskon diberikan untuk penerbangan ke 10 destinasi wisata pilihan, yaitu Batam, Denpasar, Yogyakarta, Labuan Bajo, Lombok, Malang, Manado, Silangit-Danau Toba, Tanjung Pandang, dan Tanjung Pinang.

Setidaknya akan ada 430.000 tiket yang akan didiskon selama tiga bulan ke depan. Secara total, pemerintah menggelontorkan sekitar Rp500 miliar untuk diskon 30% kepada semua penerbangan ke 10 destinasi wisata.

Kemudian 20% diskon diberikan dari kontribusi Pertamina, Angkasa Pura I dan II, serta AirNav. Detilnya, Pertamina berkontribusi pada 15% diskon, 5% sisanya merupakan kontribusi dari Angkasa Pura I dan II serta AirNav.

Hingga Selasa (3/3) sore terkonfirmasi di dunia ada 90.427 orang yang terinfeksi virus corona dengan 3.116 kematian, dan sudah ada 47.928 orang yang dinyatakan sembuh. Kasus di China mencapai 80.143 kasus, Korea Selatan 4.335 kasus, Italia 2.036 kasus, Iran 1.501.

Tingkat kematian di Iran menjadi yang paling tinggi di luar China yaitu 66 kematian dibanding kasus yang positif. Sudah ada 65 negara termasuk Indonesia yang mengonfirmasi kasus positif Covid-19 di negaranya. (Ant)

Berita Lainnya