sun
moon
logo alinea.id logo alinea.id

Pemerintah dan Pertamina antisipasi lonjakan permintaan BBM jelang lebaran

Tim Posko Nasional Energi dan Sumber Daya Mineral akan disiagakan selama Idul Fitri 2019.

Nanda Aria Putra
Nanda Aria Putra Selasa, 14 Mei 2019 21:03 WIB
Pemerintah dan Pertamina antisipasi lonjakan permintaan BBM jelang lebaran

Kementerian Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM) dan PT Pertamina (Persero) memprediksi terjadi kenaikan permintaan bahan bakar minyak dan gas selama periode Idul Fitri 2019. 

Manager PSO Fuel Retail PT Pertamina Agus Taufik mengatakan permintaan BBM akan naik sebesar 15% dan permintaan LPG akan naik 8%. Sementara itu untuk avtur, justru terjadi penurunan permintaan sebesar 15% dibandingkan tahun lalu. 

Komite Badan Pengatur Hilir Minyak dan Gas (BPH Migas) mengatakan pihaknya telah membentuk Tim Posko Nasional ESDM dalam rangka mengamankan penyediaan dan pendistribusian bahan bakar minyak, gas, listrik, dan kebencanaan geologi di seluruh wilayah Indonesia. Hal ini untuk memastikan pasokan aman selama Idul Fitri 2019.

“Bukan hanya di pulau Jawa, tapi dari Sumatera sampai di Papua. Jadi kita harus menyiapkan seluruh kesiapan kita,” kata dia, dalam konferensi pers di Jakarta, Selasa (14/5).

Agus mengatakan selama Ramadan, pihaknya menyediakan sebanyak 6.594 Stasiun Pengisian Bahan Bakar Umum (SPBU) di seluruh Indonesia.

Rinciannya, untuk Jawa dan Pulau Madura tersedia sebanyak 3.400 SPBU, sebanyak 268 SPBU untuk jalur Pantura arteri, jalur Tol Jawa sebanyak 112 SPBU. Tol Sumatera 18 SPBU dan Jalur Pantai Selatan sebanyak 519 SPBU.

Sementara itu, stok bahan bakar premium diyakini akan bertahan selama 21 hari, LPG 27 hari, Avtur 48 hari, Pertamax 22 hari, solar dan akrasol 26 hari, dan Dexlite 27 hari.

Agus juga mengungkapkan selama lebaran pihaknya telah menyediakan sebanyak 638 Stasiun Pengisian Bahan Bakar Gas (SPBG) untuk pelayanan LPG. “Termasuk 3.094 agen LPG dan 31.012 pangkalan LPG Siaga,” katanya. 

Sponsored

Kemudian untuk pelayanan penerbangan telah disediakan 68 SPPU di seluruh indonesia. Dalam menghadapi layanan BBM menjelang Idul Fitri, Pertamina akan menambahkan kios pertamax, dan kantong BBM di SPBU.

“Insya Allah Pertamina siap untuk menjaga arus mudik dan arus balik selama lebaran ini,” ujarnya.