logo alinea.id logo alinea.id

Pemerintah evaluasi tarif batas atas penerbangan pekan depan

Pemerintah akan kembali mengevaluasi harga tiket pesawat.

Soraya Novika
Soraya Novika Senin, 10 Jun 2019 18:27 WIB
Pemerintah evaluasi tarif batas atas penerbangan pekan depan

Pemerintah akan kembali melakukan evaluasi tarif batas atas tiket pesawat pada pekan depan. Sebelumnya pemerintah sudah menurunkan tarif batas atas (TBA) tiket pesawat sebesar 12%-16%. Akan tetapi, keluhan terus datang dari masyarakat karena harga tiket masih mahal.

“Kami sudah jadwalkan evaluasi setelah Pak Menko kembali dari Eropa," ujar Sekretaris Kementerian Koordinator Bidang Perekonomian Susiwijono Moegiarso di Gedung Kemenko Perekonomian, Jakarta Pusat, Senin (10/6).

Evaluasi sengaja dilakukan dua pekan setelah Lebaran sebab bukan bagian dari puncak kepadatan (peak season). Sebab evaluasi TBA ketika masa-masa Lebaran dinilai tak tepat. 

"Kami bisa evaluasi pada saat kondisi normal karena saat Lebaran memang kondisinya 'peak season' dan tarifnya pasti tinggi sekali,” kata Susiwijono.

Dalam evaluasi tersebut, nantinya Menteri Koordinator Bidang Perekonomian Darmin Nasution akan memanggil para menteri teknis dan pihak-pihak terkait termasuk perwakilan maskapai.

Selain mengevaluasi tarif batas atas, pemerintah juga akan mengkaji opsi mengenai wacana masuknya maskapai penerbangan asing di rute domestik Indonesia. 

Dia mengatakan pemerintah akan mengkaji kemungkinan opsi duopoli lebih menyehatkan persaingan maskapai penerbangan, sehingga memaksa maskapai menurunkan harga tiket pesawat. 

"Karena semua ada plus minusnya dan kebijakan untuk menarik airlines asing juga harus kita pertimbangkan," tuturnya.

Sponsored

Sebelumnya, wacana mengundang maskapai asing sempat dimunculkan oleh Presiden Joko Widodo (Jokowi) yang kemudian didukung oleh Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi. 

Hal ini disepakati keduanya mengingat tingginya harga tiket pesawat yang tak kunjung turun dan menyulitkan masyarakat. Meski begitu, pihak maskapai menolak gagasan tersebut karena berpotensi semakin menekan bisnis maskapai domestik.

Fenomena cocoklogi versus ilmu pengetahuan

Fenomena cocoklogi versus ilmu pengetahuan

Senin, 24 Jun 2019 22:15 WIB
Siasat turunkan harga tiket pesawat domestik

Siasat turunkan harga tiket pesawat domestik

Jumat, 21 Jun 2019 20:21 WIB