sun
moon
a l i n e a dot id
fakta data kata
logo alinea.id

Pemerintah siapkan 10 juta ton CPO untuk implementasi B30

Menteri Koordinator Bidang Perekonomian Airlangga Hartarto mengatakan implementasi B30 dilakukan pada Desember 2019.

Annisa Saumi
Annisa Saumi Senin, 16 Des 2019 17:38 WIB
Pemerintah siapkan 10 juta ton CPO untuk implementasi B30
Informasi mutakhir perkembangan Covid-19 di Indonesia bisa dilihat di sini
Terinfeksi 377.541
Dirawat 63.576
Meninggal 12.959
Sembuh 301.006

Pemerintah menyiapkan 10 juta ton minyak sawit mentah atau crude palm oil (CPO) untuk implementasi bauran biodiesel 30% atau B30 pada 2020.

Menteri Koordinator Bidang Perekonomian Airlangga Hartarto mengatakan mandat implementasi B30 dilakukan pada Desember 2019. Selanjutnya, pada 1 Januari 2020 akan dilakukan percobaan (trial) untuk B30.

"Implementasi B30 ini diikuti oleh negara tetangga juga. Dengan demikian, permintaan untuk biodiesel akan meningkat dan mendorong harga CPO naik," kata Airlangga di Jakarta, Senin (16/12).

Airlangga melanjutkan, penerapan B30 ini akan membantu Indonesia menekan defisit transaksi berjalan atau current account deficit (CAD). Namun, Airlangga mengingatkan hal tersebut tidak akan terjadi dengan instan.

Selain implementasi B30, Airlangga mengatakan, di sektor minyak dan gas (migas), pemerintah akan melakukan beberapa hal lagi untuk menekan defisit anggaran. Pertama, kata Airlangga, pemerintah akan menekan impor migas dan menaikkan produksi (lifting) migas.

Selain itu, pemerintah juga telah memiliki program menuju B100 untuk mengurangi penggunaan BBM. Termasuk juga studi tentang green avtur dan restrukturisasi utang PT Trans Pacific Petrochemical Indonesia (TPPI) untuk menekan impor petrokimia.

"Target dari Presiden Joko Widodo dalam tiga tahun ke depan neraca ini akan segera diperbaiki," ujarnya.

Sebelumnya, Direktur Utama PT Pertamina (Persero) Nicke Widyawati bersama Komisaris Utama Basuki Tjahaja Purnama menemui Presiden Joko Widodo. Mereka bertemu membahas perkembangan industri energi dan petrokimia, salah satunya kesiapan biodiesel B30.

Sponsored

Nicke mengatakan dirinya menyampaikan kesiapan untuk penerapan B30 ke Presiden Jokowi.

"Jadi kita akan jalankan, semuanya sudah siap penerapan B30 di semua Terminal Bahan Bakar Minyak dan semua SPBU," kata Nicke.

Selain membahas kesiapan B30, Nicke mengatakan dirinya juga melaporkan tentang progres pembangunan kilang minyak dan sejumlah pabrik petrokimia kepada Presiden.

Berita Lainnya