sun
moon
a l i n e a dot id
fakta data kata
logo alinea.id

Pemerintah targetkan Tol Layang Japek beroperasi sebelum Natal

Tol Layang Jakarta-Cikampek (Japek) akan digratiskan selama sebulan.

Laila Ramdhini
Laila Ramdhini Senin, 09 Des 2019 14:21 WIB
Pemerintah targetkan Tol Layang Japek beroperasi sebelum Natal
Informasi mutakhir perkembangan Covid-19 di Indonesia bisa dilihat di sini
Terinfeksi 365.240
Dirawat 64.032
Meninggal 12.617
Sembuh 289.243

Badan Pengatur Jalan Tol (BPJT) Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) menargetkan peresmian tol layang Jakarta-Cikampek atau Japek Elevated dimajukan sebelum 20 Desember 2019.

Kepala BPJT Danang Parikesit mengatakan pihaknya berharap sertifikat layak operasi untuk jalan tol yang dibangun PT Waskita Karya Tbk. ini bisa diterbitkan pada Rabu (11/12).

“Ya, peresmiannya kemungkinan setelah itu, harapan kami lebih cepat," ujar Danang di Jakarta, Senin.

Danang juga mengatakan, jika sertifikat telah terbit, maka Tol Japek Elevated  bisa diresmikan pekan ini atau sebelum 15 Desember. Dia juga menyebut kemungkinan tol ini bakal di resmikan Presiden Joko Widodo. 

"Jadi sementara ini sudah direncanakan, saya selama dua hari ini akan pantau terus pemenuhan dari uji layak fungsi," katanya.

Lebih lanjut, Danang mengatakan Tol Layang Japek bakal digratiskan selama satu bulan sejak resmi beroperasi. Sementara, untuk tarif yang akan dikenakan selanjutnya, Kementerian PUPR masih melakukan kajian lebih mendalam.
"Sampai akhir tahun dipastikan tol layang Japek belum berbayar. Meskipun tol tersebut sudah dioperasikan," ujar Danang.

Danang menyebut pihaknya akan mengajukan hitungan besaran tarif Tol Layang Japek ke Menteri PUPR Basuki Hadimuljono pada akhir tahun ini.

"Kemungkinan untuk surat keputusan pentarifan tol layang Japek pada tahun 2020, yang jelas setelah Natal dan Tahun Baru," kata Kepala BPJT.

Sponsored

Sebelumnya, Tol Japek Elevated tersebut akan mulai digunakan untuk umum 20 Desember 2019, sekaligus untuk mengantisipasi lonjakan liburan Natal dan Tahun Baru. Kendaraan yang bisa melintas juga hanya untuk golongan I, non-bus dan non-truk.

Sekalipun saat digunakan mulai 20 Desember kondisi jalan Japek Elevated belum selesai 100%, namun dipastikan sudah memenuhi syarat dan keamanan untuk dilalui.

PT Waskita Karya (Persero) Tbk. mengharapkan berfungsinya Jalan Tol Jakarta-Cikampek (Japek) II Elevated dapat mengurai kemacetan menjelang libur Natal dan Tahun Baru. (Ant)

Berita Lainnya