sun
moon
a l i n e a dot id
fakta data kata
logo alinea.id

Pemprov Jateng sabet TPID Award keempat

Penghargaan diserahkan Menteri Koordinator Bidang Perekonomian, Airlangga Hartarto.

Fatah Hidayat Sidiq
Fatah Hidayat Sidiq Jumat, 23 Okt 2020 06:48 WIB
Pemprov Jateng sabet TPID Award keempat
Informasi mutakhir perkembangan Covid-19 di Indonesia bisa dilihat di sini
Terinfeksi 516.753
Dirawat 66.752
Meninggal 16.352
Sembuh 433.649

Pemerintah Provinsi Jawa Tengah (Pemprov Jateng) kembali diganjar penghargaan Tim Pengendali Inflasi Daerah (TPID) wilayah Jawa-Bali. Ini merupakan penghargaan keempat sejak 2015. 

Menteri Koordinator Bidang Perekonomian, Airlangga Hartarto, pun meminta pemerintah daerah (pemda) lain meniru Jateng dalam mengendalikan inflasi. "Ini baik, maka perlu diikuti pemerintah-pemerintah daerah yang lain," ujarnya dalam Rapat Koordinasi Nasional (Rakornas) Pengendalian Inflasi 2020, Jakarta, Kamis (22/10).

Sementara itu, Gubernur Bank Indonesia (BI), Perry Warjiyo, mengapresiasi salah satu pengembangan model bisnis yang memajukan kelompok petani bawang merah di Brebes. Alasannya, pola yang dikembangkan mampu menggenjot nilai tambah, memperluas akses pembiayaan, serta membantu pemasaran produk.

"Sejumlah model bisnis yang berhasil dikembangkan ini tentu dapat direplikasi di daerah-daerah lainnya," ucap dia, melansir situs web Pemprov Jateng.

Sponsored

Adapun Gubernur Jateng, Ganjar Pranowo, menyatakan, prestasi itu merupakan buah dari sinergi dan koordinasi segenap TPID, baik BI maupun pemerintah daerah tingkat (dati) II dalam menjaga inflasi. "Termasuk bantuan dari Forum Komunikasi Pimpinan Daerah (Forkopimda)."

Menyangkut model bisnis petani bawang merah Brebes, dia mengklaim, pemerintah provinsi (pemprov) sudah sejak lama melakukan pendataan digital tentang produktivitas komoditas tersebut.

"Pekerjaan kami selama beberapa tahun mungkin baru hari ini kelihatan. Ternyata itu bisa dilakukan untuk mengendalikan pangan kita. Memang ketika pendataan digitalnya bagus, kita akan bisa mengelola dan menghitung dengan baik, termasuk mengetahui plus-minusnya," katanya.

Berita Lainnya