sun
moon
logo alinea.id logo alinea.id

Pengangguran akan difasilitasi pelatihan ke luar negeri

Pendaftaran pendidikan dapat dilakukan melalui lembaga swasta manapun

Nanda Aria Putra
Nanda Aria Putra Jumat, 29 Nov 2019 04:18 WIB
Pengangguran akan difasilitasi pelatihan ke luar negeri

Kartu prakerja yang diluncurkan pada tahun depan dapat memfasilitasi pelatihan para pencari kerja hingga ke luar negeri. 

Menteri Koordinator Bidang Perekonomian Airlangga Hartarto mengatakan, pemerintah memfasilitasi para pencari kerja yang ingin pindah profesi dengan sejumlah pelatihan dan pendidikan di negara-negara maju seperti Jepang dan Jerman.

"Mereka bisa training di Jerman dan Jepang. Pendaftaran pendidikan dapat dilakukan melalui lembaga swasta manapun," katanya di Kawasan Mega Kuningan, Jakarta, Kamis (28/11).

Pelatihan yang dipersiapkan pemerintah tersebut, dapat berupa pengembangan keahlian terkait perkembangan teknologi digital, otomotif, hingga penguasaan petrochemical.

Selain itu, peningkatan skill juga akan diberikan kepada pekerja migran Indonesia di luar negeri guna meningkatkan daya saing tenaga kerja Indonesia di pasar internasional.

"Pendidikan ini tidak hanya di Indonesia tetapi tenaga kerja kita di luar negeri. Kami sudah bicara dengan PT ISS Indonesia," ucap Airlangga.

Melalui program tersebut, dia berharap ada transfer pengetahuan ke dalam negeri sehingga dapat meningkatkan sektor jasa dalam negeri. Apalagi perusahaan yang membutuhkan tenaga kerja dengan skill tertentu akan difasilitasi oleh pemerintah.

Begitu pula dengan biaya yang dibutuhkan dalam pelatihan peningkatan skill tersebut, termasuk untuk pengurusan sertifikat keahlian.

Sponsored

"Ini semua (diberikan) kepada tenaga kerja yang perlu ditingkatkan profesinya dan ini masih dalam proses," tegasnya.