sun
moon
logo alinea.id logo alinea.id

Ekspor Freeport turun, penerimaan negara terancam di bawah target

Kementerian Keuangan (Kemenkeu) menyatakan bea keluar tidak akan mencapai 100%. Perhitungan ekspor Freeport luput dari pengawasan.

Cantika Adinda Putri Noveria
Cantika Adinda Putri Noveria Senin, 24 Jun 2019 17:40 WIB
Ekspor Freeport turun, penerimaan negara terancam di bawah target

Kementerian Keuangan (Kemenkeu) memperkirakan penerimaan negara dari bea keluar pada 2019 tidak akan mencapai yang ditargetkan sebesar Rp4,42 triliun.

Direktur Jenderal Bea Cukai Kemenkeu Heru Pambudi mengatakan penerimaan bea keluar tidak bisa mencapai 100% pada tahun ini karena ada peralihan  operasional oleh PT Freeport Indonesia (PTFI), dari penambangan di permukaan menjadi penambangan di bawah tanah (underground). 

Alih operasional penambangan itu membuat PTFI menurunkan target ekspornya secara drastis, sehingga hal tersebut berdampak pada penerimaan bea keluar. 

Dari bea keluar yang ditargetkan sebesar Rp4,42 triliun, hingga Mei 2019 Kemenkeu sudah mengumpulkan sebanyak Rp1,57 triliun. 

"Akhir tahun (2019) tidak akan tercapai, karena Freeport mengalihkan penambangan ke underground," kata Heru saat melakukan rapat bersama Badan Anggaran DPR RI, Jakarta, Senin (24/6).

Menurut Heru, peralihan operasional tambang Freeport akan mempengaruhi jumlah produksi dan ekspor yang mungkin akan berkurang jika dibandingkan dengan tahun sebelumnya. Pasalnya, pihak Freeport harus melakukan penyesuaian.

"Butuh penyesuaian sehingga jumlah ekspor tidak bisa langsung menyamai sebelumnya," ujarnya.

Heru mengakui perubahan bisnis yang dilakukan Freeport Indonesia luput dari pemantauan Kemenkeu, sehingga ada hal-hal yang tidak masuk dalam hitungan saat menetapkan target penerimaan bea keluar.

Sponsored

"Perubahan bisnis ini sebelumnya memang belum ter-capture jadi memang ada missed sedikit. Kemungkinan (realisasi bea keluar) separuh dari target lebih dikit di akhir tahun, artinya tidak akan 100%," tuturnya. 

Gelora dan politik kanibal pemecah PKS

Gelora dan politik kanibal pemecah PKS

Rabu, 20 Nov 2019 19:35 WIB
Sepak terjang militer di pucuk pimpinan PSSI

Sepak terjang militer di pucuk pimpinan PSSI

Selasa, 19 Nov 2019 21:07 WIB