sun
moon
a l i n e a dot id
fakta data kata
logo alinea.id

Platform Sampingan raih pendanaan seri A sebesar Rp72 miliar

Pendanaan ini akan digunakan untuk pengembangan produk.

Annisa Saumi
Annisa Saumi Selasa, 12 Jan 2021 14:50 WIB
Platform Sampingan raih pendanaan seri A sebesar Rp72 miliar
Informasi mutakhir perkembangan Covid-19 di Indonesia bisa dilihat di sini
Terinfeksi 939.948
Dirawat 149.388
Meninggal 26.857
Sembuh 763.703

Platform pemberdayaan pekerja kerah biru, Sampingan, mendapatkan pendanaan seri A sebesar US$5 juta atau setara dengan Rp72 miliar. Pendanaan ini dipimpin oleh investor Altara Ventures, bersama Golden Gate Ventures, Antler, Access Ventures, XA Network dan iSeed SEA.

CEO dan Co-Founder Sampingan Wisnu Nugrahadi mengatakan, pendanaan ini akan digunakan untuk pengembangan produk. Produk tersebut baik untuk pekerja dan juga perusahaan, serta untuk menjangkau lebih banyak konsumen sesuai dengan layanan yang diberikan.

"Dengan adanya putaran pendanaan baru ini kami percaya Sampingan akan memiliki infrastruktur terbaik dan siap mendukung pemulihan pasca pandemi,” kata Wisnu dalam keterangan resminya, Selasa (12/1).

Dua tahun sejak diluncurkan pada Januari 2019, aplikasi Sampingan kini telah menjadi platform tenaga kerja kerah biru terbesar bagi perusahaan, sekaligus memberikan kesempatan yang sama dan cepat bagi para pencari kerja di Indonesia.

Bisnis Sampingan berhasil tumbuh tiga kali lipat di 2020. Selain itu, Sampingan telah memiliki lebih dari 850.000 mitra pekerja, baik kontrak sementara maupun permanen.

Sementara General Partner Altara Ventures Gavin Teo mengatakan, Sampingan menunjukkan masa depan pekerjaan di Asia Tenggara. Dia menyebut, pada dekade 2010-an muncul tren Gig Economy pada layanan konsumen, yang akan terus berkembang dari sisi bisnis di dekade 2020-an.

"Sampingan berhasil mencocokkan ribuan pekerja lepas Indonesia dengan lapangan pekerjaan di berbagai bidang seperti logistik, supply chain, dan layanan lokal melalui platform teknologi mereka. Kami merasa terhormat dan bersemangat untuk mendukung perjalanan mereka dengan memimpin pendanaan Seri A ini,” ujar Gavin.

Melalui teknologi, Sampingan berkomitmen untuk memformalkan para pekerja kerah biru dan membantu mereka mengatasi ketidakpastian yang dapat terjadi kapan saja. Sedangkan untuk membantu perusahaan mengembangkan bisnisnya secara fleksibel, Sampingan menyediakan beragam solusi menyeluruh (end-to-end) berupa layanan untuk mencari, mengelola dan mempertahankan pekerja kerah biru.

Sponsored

Sampingan telah melayani lebih dari 100 perusahaan skala besar maupun kecil melalui tiga layanan utamanya, yaitu Sampingan Manpower, Sampingan Solutions, dan Sampingan Systems.

Golden Gate Ventures Partner Justin Hall mengatakan, pihaknya terkesan dengan pertumbuhan dan kemampuan Sampingan dalam mengukur kebutuhan pekerja, maupun perusahaan yang menghadapi penawaran dan permintaan tenaga kerja dalam waktu yang singkat.

Co-Founding Partner Antler Jussi Salovaara mengatakan, sejak diluncurkan, tepatnya pada 2020 ketika angka pengangguran meningkat, Sampingan mampu memberikan dampak yang signifikan melalui platform teknologi yang memungkinkan masyarakat untuk mencari dan mendapatkan pekerjaan dari jarak jauh, melalui jaringan mitra mereka yang sangat kuat. 

Berita Lainnya
×
img