logo alinea.id logo alinea.id

PNBP Minerba tahun ini lampaui target

Kementerian Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM) mencatat Penerimaan Negara Bukan Pajak di subsektor minerba mencapai Rp 50,01 triliun.

Eka Setiyaningsih Rabu, 09 Jan 2019 18:51 WIB
PNBP Minerba tahun ini lampaui target

Kementerian Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM) mencatat Penerimaan Negara Bukan Pajak (PNBP) di subsektor minerba mencapai Rp 50,01 triliun. Angka ini melebihi target yang direncanakan APBN senilai Rp32,1 triliun.

PNBP Subsektor Minerba itu terdiri dari iuran tetap Rp500 miliar, royalti Rp29,8 triliun, penjualan hasil tambang Rp19,3 triliun dan pendapatan jasa tenaga keja, perkerjaan dan indormasi senilai Rp400 miliar.

Sementara itu, produksi batu bara tahun ini mencapai 528 juta ton. Produksi batu bara diutamakan untuk menjamin pemenuhan kebutuhan sumber energi primer dalam negeri. Selain itu, juga digunakan sebagai bahan baku di dalam negeri serta untuk pembangunan PLTU Mulut Tambang.

Pemanfaatan batu bara domestik mencapai 115 juta ton atau 21,78% dari produksi batubara nasional. Hal tersebut melebihi dari target yang sebelumnya direncanakan, yakni sebesar 21% dari produksi batubara nasional yang digunakan untuk keperluan domestik. 

Sponsored

"Pencapaian 115 juta ton, sekaligus melebih pencapaian pada tahun sebelumnya, yang hanya 97 juta ton pada tahun 2017," kata dia.

Pencapaian lainnya yaitu, hilirisasi mineral dan pemanfaatan batu bara untuk keperluan domestk. Peningkatan nilai tambah mineral dapat dilakukan dengan membangun fasilitas pengolahan pemurnian mineral atau smelter. Pembangunan smelter dilakukan dalam rangka hilirisasi untuk sebesar-besarnya kemakmuran rakyat.

Sepanjang 2018, tercatat penambahan 2 smelter yang dibangun oleh PT Virtue Dragon Nickel Industry dan PT Bintang Smelter Indonesia. Sehingga, total smelter yang telah beroperasi di Indonesia sudah mencapai 27 smelter.