sun
moon
a l i n e a dot id
fakta data kata
logo alinea.id

PPKM mikro diperpanjang, IHSG turun ke zona merah

Perpanjangan PPKM mikro dikhawatirkan investor memperlambat laju pertumbuhan ekonomi.

Annisa Saumi
Annisa Saumi Selasa, 09 Mar 2021 16:39 WIB
PPKM mikro diperpanjang, IHSG turun ke zona merah

Indeks Harga Saham Gabungan (IHSG) ditutup melemah 0,78% ke level 6.199 pada perdagangan Selasa (9/3). Pelemahan didorong oleh sektor tambang yang turun 1,51% dan sektor inftrastruktur yang turun 1,20%.

Tercatat sebanyak 24 miliar saham diperdagangkan dengan nilai transaksi mencapai Rp13 triliun. Sebanyak 140 saham mengalami kenaikan dan 343 saham turun ke zona merah.

Investor asing membukukan penjualan bersih senilai Rp783 miliar di seluruh pasar dan Rp740 miliar di pasar reguler. Saham PT Bank Central Asia Tbk. (BBCA), PT Bank Rakyat Indonesia (Persero) Tbk. (BBRI), dan PT Vale Indonesia Tbk. (INCO) menjadi tiga saham yang paling banyak dilepas asing di pasar reguler. 

Riset penutupan Pilarmas Investindo Sekuritas menyebutkan, dari dalam negeri, pelaku pasar mencermati upaya pemerintah dalam menurunkan angka penyebaran kasus Covid-19, dengan memperpanjang PPKM skala mikro hingga 22 Maret 2021.

Sponsored

PPKM skala mikro kali ini diperluas ke tiga provinsi, yaitu Kalimantan Timur, Sulawesi Selatan, dan Sumatera Utara. 

"Dengan PPKM yang kembali diperpanjang maka diprediksikan roda perekonomian akan kembali tertahan perputarannya, sehingga memperlambat laju pertumbuhan ekonomi yang tentu saja memperlambat pemulihan ekonomi pasca pandemi Covid-19," tulis Pilarmas Sekuritas.

Berita Lainnya