sun
moon
a l i n e a dot id
fakta data kata
logo alinea.id

Realisasi pembiayaan investasi semester I-2021 terbang hingga Rp25,6 triliun

Realisasi investasi naik dibandingkan periode sama tahun lalu yang hanya sebesar Rp6 triliun.

Nanda Aria Putra
Nanda Aria Putra Senin, 12 Jul 2021 16:46 WIB
Realisasi pembiayaan investasi semester I-2021 terbang hingga Rp25,6 triliun

Menteri Keuangan Sri Mulyani Indrawati mengungkapkan realisasi pembiayaan investasi pada semester I-2021 telah mencapai Rp25,6 triliun atau naik dibandingkan periode sama tahun lalu yang hanya sebesar Rp6 triliun.

“Pembiayaan investasi pada semester I Rp25,6 triliun. Itu naik tinggi dibandingkan 2020,” katanya dalam raker bersama Badan Anggaran (Banggar) DPR, Senin (12/7).

Dia merinci, realisasi ini berasal dari investasi ke Badan Layanan Umum (BLU) sebesar Rp15,6 triliun dan investasi pemerintah melalui pinjaman Pemulihan Ekonomi Nasional (PEN) kepada daerah sebesar Rp10 triliun.

"Kami merealisasikan guna pembiayaan investasi lebih cepat atau lebih dini untuk BLU dan instansi pemerintah dalam bentuk pinjaman ke daerah," ujarnya.

Ia menyebutkan, pembiayaan tersebut disalurkan kepada BLU Pusat Pengelolaan Dana Pembiayaan Perumahan (PPDPP) dalam bentuk 93.792 unit rumah melalui Kredit Perumahan Rakyat (KPR) Sejahtera.

Rumah tersebut diperuntukkan bagi kelompok masyarakat berpenghasilan rendah (MBR) dengan target sebesar 157.500 unit rumah.

Kemudian, investasi pemerintah juga mengalir ke BLU Lembaga Pengelola Dana Pendidikan (LPDP) yang telah menyalurkan beasiswa kepada 6.469 orang dari target 7.000 orang, serta pendanaan riset sebanyak 82 kontrak dari target 50 kontrak.

Selanjutnya, juga untuk BLU Pusat Investasi Pemerintah (PIP) yang pada semester I tahun ini telah membiayai 1,1 juta debitur terutama debitur ultramikro dari target 1,8 juta debitur ultramikro.

Sponsored

Sementara itu, ia menuturkan peraturan dalam rangka pelaksanaan investasi kepada Badan Usaha Milik Negara (BUMN), badan/lembaga lainnya saat ini masih dalam tahap penyelesaian.

Investasi kepada organisasi (O)/Lembaga Keuangan Internasional (LKI)/Badan Usaha Internasional (BUI) juga akan dilakukan pada semester II-2021 yakni disesuaikan dengan jadwal pembayaran. Sedangkan, untuk BLU pengelola dana bergulir masih dapat menggunakan dana kelolaan tahun-tahun sebelumnya.

Berita Lainnya