logo alinea.id logo alinea.id

Rupiah melanjutkan tren pelemahan

Tetap mencermati dan mewaspadai berbagai sentimen yang dapat membuat Rupiah kembali melemah

Eka Setiyaningsih
Eka Setiyaningsih Jumat, 31 Agst 2018 10:33 WIB
Rupiah melanjutkan tren pelemahan

Rupiah tampaknya berpeluang kembali melemah seiring penguatan yang terjadi pada US$ juga meningkatnya permintaan atas mata uang tersebut. Laju Rupiah di akhir pekan ini diprediksi akan bergerak di kisaran Rp14.696-14.680 per US$.

Pengamat Pasar Modal Asosiasi Analis Efek Indonesia (AAEI) Reza Priyambada mengatakan,upaya menahan pelemahan Rupiah terus dilakukan. Tetapi nampaknya akan tertutupi dengan sikap pelaku pasar yang meningkatkan permintaan terhadap US$.

"Tetap mencermati dan mewaspadai berbagai sentimen yang dapat membuat Rupiah kembali melemah," ujar Reza kepada Alinea.id, Jumat (31/8).

Sebagai informasi, pada perdagangan Kamis (30/8) di pasar spot, kurs rupiah ditutup terdepresiasi 0,24% sebesar 35 poin ke level Rp14.680 per US$. Rupiah terus melemah sejak awal perdangan pada level Rp14.657 per US$.

Sepanjang hari Kamis, nilai tukar rupiah diperdagangkan pada rentang Rp14.650-Rp14.680 per US$. Sejak awal tahun, Rupiah telah merosot 8,3% terhadap US$. 

"Pergerakan Rupiah cenderung berbalik melemah ke level terendah setelah pelaku pasar merespons rilis kenaikan pertumbuhan ekonomi AS," jelasnya.

Tidak hanya itu, kembali meningkatnya kekhawatiran pelaku pasar jelang kesepakatan dagang antara AS dan Kanada turut meningkatkan permintaan akan aset-aset safe haven, terutama US$.

Pelaku pasar juga mengkhawatirkan masih berlanjutnya potensi perang dagang terutama setelah AS kembali berencana mengenakan tarif tambahan atas impor sejumlah barang dari China senilai US$ 20 miliar.

Sponsored