logo alinea.id logo alinea.id

RUPS BUMN: Bank BNI rombak direksi dan komisaris

Ahmad Baiquni tetap menjadi Direktur Utama PT Bank Negara Indonesia (Persero) Tbk.

Annisa Saumi
Annisa Saumi Jumat, 30 Agst 2019 16:33 WIB
RUPS BUMN: Bank BNI rombak direksi dan komisaris

Setelah PT Bank Mandiri (Persero) Tbk. dan PT Bank Tabungan Negara (Persero) Tbk. menggelar RUPSLB, giliran PT Bank Negara Indonesia (Persero) Tbk. menggelar RUPSLB hari ini (30/8).

Berdasarkan keputusan RUPSLB tersebut, Ahmad Baiquni tetap menjadi Direktur Utama BNI. Pada RUPSLB tersebut, BNI mengangkat Ario Bimo sebagai Direktur Keuangan perseroan dan memberhentikan Direktur Bisnis Usaha Mikro, Kecil, dan Menengah dan Jaringan, Catur Budi Harto dari jabatannya. 

Direktur Utama BNI Ahmad Baiquni mengatakan pertimbangan pemegang saham untuk mengangkat Ario Bimo sebagai  Direktur Keuangan BNI karena Ario dinilai memiliki pengalaman dalam hal tersebut. Ario sebelumnya merupakan General Manager BNI cabang Tokyo, Jepang. 

Selanjutnya, RUPSLB BNI juga mengangkat mantan Komisaris Bank Mandiri Askolani, sebagai komisaris baru mereka menggantikan Marwanto Harjowiryono yang dipindah ke BTN. 

Selain itu, BNI juga melakukan beberapa perubahan posisi pada direkturnya. Tambok P. Setyawati yang sebelumnya menjabat sebagai Direktur Bisnis Konsumer BNI, kini menjabat sebagai Direktur Bisnis Usaha Mikro, Kecil, dan Menengah dan Jaringan.

Kemudian, Bob Tyasika Ananta yang sebelumnya menjabat sebagai Direktur Manajemen Risiko BNI kini menjabat sebagai Direktur Tresuri dan Internasional BNI.

 "Ada pergeseran dari Ibu Tambok karena bu Tambok sebelumnya juga memiliki pengalaman di bidang tersebut. Pak Bob digeser ke bidang treasuri dan internasional yang tak asing bagi pak Bob karena sebelumnya juga pernah menangani cabang London," ujar Baiquni. 

Laku, Anggoro Eko Cahyo yang sebelumnya menjabat sebagai Direktur Keuangan BNI digeser sebagai Direktur Bisnis Konsumer BNI.

Sponsored

Kemudian, Anggoro Eko Cahyo yang sebelumnya menjabat sebagai Direktur Keuangan BNI, kini menjabat sebagai Direktur Bisnis Konsumer BNI. Lalu, Rico Budidarmo yang sebelumnya menjabat sebagai Direktur Tresuri dan Internasional BNI kini menjabat sebagai Direktur Manajemen Risiko BNI.

Berikut adalah susunan komisaris dan direksi Bank BNI. 

Komisaris Utama / Komisaris Independen: Ari Kuncoro
Wakil Komisaris Utama: Hambra 
Komisaris Independen: Pataniari Siahaan
Komisaris Independen: Revrisond Baswir
Komisaris: Joni Swastanto
Komisaris Independen: Ahmad Fikri Assegaf
Komisaris: Askolani
Komisaris Independen: Sigit Widyawan
Komisaris: Ratih Nurdiati

Direktur Utama: Achmad Baiquni
Wakil Direktur Utama: Herry Sidharta
Direktur Bisnis Korporasi: Putrama Wahju Setyawan
Direktur Bisnis Usaha Mikro, Kecil, dan Menengah dan Jaringan: Tambok P Setyawati
Direktur Bisnis Konsumer: Anggoro Eko Cahyo
Direktur Tresuri dan Internasional: Bob Tyasika Ananta
Direktur Hubungan Kelembagaan: Adi Sulistyowati
Direktur Keuangan: Ario Bimo
Direktur Manajemen Risiko: Rico  Budidarmo
Direktur Teknologi Informasi & Operasi: Dadang Setiabudi
Direktur Human Capital dan Kepatuhan: Endang Hidayatullah