sun
moon
a l i n e a dot id
fakta data kata
logo alinea.id

Saham big caps relatif murah, asing net buy Rp1,17 triliun sepekan

Naiknya indeks pasar di luar negeri membuat investor asing melihat saham-saham big caps di Indonesia relatif murah.

Annisa Saumi
Annisa Saumi Jumat, 23 Jul 2021 17:22 WIB
Saham big caps relatif murah, asing net buy Rp1,17 triliun sepekan

Investor asing kembali ramai mencatatkan beli bersih atau net buy di pasar modal Indonesia dalam sepekan ini. Aksi beli bersih ini membuat IHSG ditutup lebih tinggi 0,69% dalam sepekan. 

Berdasarkan catatan Alinea.id, dalam sepekan perdagangan, investor asing melakukan jual bersih di seluruh pasar pada penutupan Jumat (23/7) saja. Investor asing melakukan aksi jual bersih senilai Rp122 miliar di seluruh pasar. 

Pembelian bersih terbesar dilakukan investor asing pada perdagangan Kamis (22/7), yaitu senilai Rp807 miliar di seluruh pasar. Dengan catatan tersebut, selama sepekan investor asing telah melakukan beli bersih sebesar Rp1,17 triliun. 

Direktur Perdagangan dan Pengaturan Anggota Bursa BEI Laksono Widito Widodo menilai, naiknya indeks pasar di luar negeri membuat investor asing melihat saham-saham berkapitalisasi jumbo atau big caps di Indonesia relatif murah.

"Indeks LQ45 dan IDX30 juga ketinggalan cukup jauh dari IHSG, sehingga membuat saham big caps companies semakin menarik," kata Laksono, Jumat (23/7).

Adapun berdasarkan data RTI Infokom, dalam sepekan terakhir saham PT Telkom Indonesia (Persero) Tbk. (TLKM) naik 1,28% dengan pembelian asing senilai Rp317,3 miliar, PT Bank Rakyat Indonesia (Persero) Tbk. (BBRI) yang naik 1,57% dengan jumlah beli asing Rp218 miliar dan PT Astra International Tbk. (ASII) yang naik 2,91% dengan pembelian asing Rp186 miliar.

Selain itu, menurutnya investor asing juga mempertimbangkan rencana pemerintah yang akan melakukan relaksasi PPKM dalam waktu dekat. Hal ini menurutnya menjadi salah satu alasan investor asing masuk ke pasar dalam negeri.

Sebagaimana diketahui, pemerintah sebelumnya akan melonggarkan PPKM darurat pada 26 Juli 2021, jika kondisi di lapangan menunjukan tren penurunan kasus Covid-19 dan pemerintah akan melakukan pembukaan secara bertahap. 

Sponsored
Berita Lainnya