sun
moon
a l i n e a dot id
fakta data kata
logo alinea.id

Sandiaga Uno targetkan 26 desa wisata tersertifikasi berkelanjutan di 2021

Sertifikasi desa wisata menjadi fokus Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif.

Annisa Saumi
Annisa Saumi Kamis, 14 Jan 2021 20:48 WIB
Sandiaga Uno targetkan 26 desa wisata tersertifikasi berkelanjutan di 2021
Informasi mutakhir perkembangan Covid-19 di Indonesia bisa dilihat di sini
Terinfeksi 1.024.298
Dirawat 149.388
Meninggal 28.855
Sembuh 831.330

Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Parekraf) Sandiaga Salahuddin Uno menyampaikan, pihaknya menargetkan sebanyak 26 desa wisata tersertifikasi sebagai desa wisata berkelanjutan.

Menurut Sandi, sapaan akrabnya, sertifikasi desa wisata ini akan menjadi fokus kementerian yang dipimpinnya saat ini. Dia menjamin, desa wisata akan terus mendapatkan perhatian dari Kemenparekraf.

"Saya sempat mengunjungi lebih dari 1.000 desa wisata selama tiga tahun ini. Desa wisata ini akan terus mendapatkan perhatian dari kami," ujar Sandi, Kamis (14/1).

Dia menilai, desa wisata memiliki potensi untuk menggerakkan perekonomian masyarakat, menggerakkan Usaha Mikro Kecil Menengah (UMKM), penciptaan lapangan kerja, dan berperan dalam kelestarian lingkungan.

Untuk mengembangkan desa wisata ini, Sandi akan melakukan profiling 244 desa wisata, yang akan dilanjutkan dengan program pendampingan. Pihaknya akan membagi profil desa menjadi beberapa kategori, yaitu desa wisata rintisan, berkembang, maju, dan mandiri.

Dalam pengembangannya, desa wisata maju dan mandiri akan dikembangkan bersama dengan Kementerian Desa, Pembangunan Daerah Tertinggal, dan Transmigrasi. Dia yakin, dengan adanya pendampingan, desa-desa tersebut bisa menjadi desa mandiri dan tersertifikasi menjadi desa wisata berkelanjutan.

Di tahun 2020, pihaknya telah melakukan 20 sertifikasi desa wisata berkelanjutan. Adapun di tahun ini, pihaknya menargetkan untuk melakukan sertifikasi berkelanjutan kepada 26 desa wisata. 

 

Sponsored
Berita Lainnya