sun
moon
a l i n e a dot id
fakta data kata
logo alinea.id

Sandiaga Uno: Restoran harus patuhi panduan CHSE

Para pelaku industri kreatif harus betul-betul menerapkan panduan CHSE.

Nanda Aria Putra
Nanda Aria Putra Rabu, 12 Mei 2021 12:14 WIB
Sandiaga Uno: Restoran harus patuhi panduan CHSE

Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Sandiaga Uno menegaskan bahwa para pelaku industri kreatif khususnya bidang restoran harus betul-betul menerapkan panduan cleanliness, health, safety, and environmental sustainability (CHSE) yang dikeluarkan Kemenparekraf.

Menurutnya, jika hal ini dilakukan bersamaan dengan penerapan protokol kesehatan melalui pengaplikasian 3M (menjaga jarak, mencuci tangan, dan memakai masker), maka akan efektif menjaga mobilitas orang tetap jalan dengan tanpa meningkatkan kasus positif.

"Kita sudah menerbitkan panduan CHSE baik offline dan online, tersedia untuk teman-teman pelaku usaha ekonomi kreatif termasuk restoran dan sudah keluarkan sertifikasi CHSE dan ini harus dipatuhi dan dijalankan," katanya dalam webinar kampanye 3M, Rabu (12/5).

Dia mengungkapkan, pihaknya sudah bekerja sama dengan kepala dinas di provinsi seluruh Indonesia untuk mengontrol di lapangan, sehingga dapat menindak tegas jika ada restoran atau pusat perbelanjaan yang tidak menerapkan protokol kesehatan dan panduan CHSE.

Sandi berharap, jika ada masyarakat yang menemukan restoran yang tidak mengindahkan protokol Kesehatan dan panduan CHSE untuk dapat melaporkan ke pihak berwenang untuk dapat ditindaklanjuti.

"Di Ancol saya sudah lihat kepatuhan beberapa venue. Mari kita tingkatkan. Apabila lihat venue yang lalai laporkan, kami akan tindak secara cepat agar tidak memicu pertumbuhan kasus positif Covid-19," ujarnya.

Sementara itu, Deputi Bidang Produk Wisata dan Penyelenggara Kegiatan Baparekraf, Rizki Handayani mengatakan sejak diluncurkan pada Agustus 2020 sudah banyak restoran yang tersertifikasi CHSE.

Dengan begitu, akan memberikan garansi dan jaminan kepada masyarakat untuk dapat mengunjungi tempat tersebut dengan aman dan nyaman tanpa perlu khawatir, namun tetap dengan menjaga protokol kesehatan.

Sponsored

Akan tetapi, lanjut Rizki, kadang kala masih terdapat protokol kesehatan yang dilanggar oleh pengunjung restoran seperti tidak menjaga jarak.

"Kalau makan memang tidak bisa pakai masker, tapi jarak tidak dijaga. Ini tugas kita bagaimana mengatur jarak. Saat ini masih 50% kapasitas pengunjung. Kita bersama-sama harus terus terapkan 3M," tuturnya.

Berita Lainnya