sun
moon
a l i n e a dot id
fakta data kata
logo alinea.id

Sektor konsumsi dan properti turun, IHSG ditutup melemah

Saham PT Telekomunikasi Indonesia Tbk. (TLKM) menjadi incaran investor asing pada perdagangan Selasa (7/7).

Annisa Saumi
Annisa Saumi Selasa, 07 Jul 2020 16:26 WIB
Sektor konsumsi dan properti turun, IHSG ditutup melemah
Informasi mutakhir perkembangan Covid-19 di Indonesia bisa dilihat di sini
Terinfeksi 516.753
Dirawat 66.752
Meninggal 16.352
Sembuh 433.649

Indeks Harga Saham Gabungan (IHSG) ditutup melemah -0,04% ke level 4.987, Selasa (7/7). Investor asing tercatat membukukan pembelian bersih sebesar Rp377 miliar.

Tercatat sebanyak 10,1 miliar lembar saham diperdagangkan dengan nilai transaksi mencapai Rp7,9 triliun. Saham-saham yang berada di sektor konsumsi yang turun 0,41% dan properti yang turun 0,41% memimpin pelemahan IHSG hari ini.

Analis Reliance Sekuritas Lanjar Nafi mengatakan pelemahan kedua sektor tersebut mengimbangi penguatan saham-saham sektor pertanian yang naik 0,42% dan infrastruktur yang naik 0,66%.

"Naiknya saham produsen CPO (crude palm oil) akibat harga CPO yang terlihat cukup kuat di atas level 2.300 menjadi faktor utama penguatan sektor pertanian," kata Lanjar.

Sponsored

Selain itu, Lanjar juga mencatat penguatan saham PT Telekomunikasi Indonesia Tbk. (TLKM) yang menjadi top net buy investor asing pada perdagangan kali ini, menjadi faktor utama penguatan saham infrastruktur. Berdasarkan data RTI Infokom, investor asing tercatat melakukan aksi beli bersih senilai Rp147 miliar saham TLKM.

"Meskipun demikian, penguatan kedua sektor ini tidak mampu menahan pergerakan IHSG pada zona hijau," ujarnya.

Sentimen lainnya, kata Lanjar, adalah data cadangan devisa Indonesia yang rilis sesuai ekspektasi, sebesar $131,7 miliar. Namun, data ini menjadi biasa saja di tengah aksi ambil untung investor, mengimbangi terkoreksinya indeks regional.

Berita Lainnya