sun
moon
a l i n e a dot id
fakta data kata
logo alinea.id

Serapan PEN masih kecil, IHSG turun ke zona merah

Anggaran kesehatan yang terealisasi 20% dari pagu, memberikan tanda tanya ke investor terkait komitmen pemerintah dalam menangani pandemi.

Annisa Saumi
Annisa Saumi Rabu, 16 Jun 2021 16:44 WIB
Serapan PEN masih kecil, IHSG turun ke zona merah

Indeks Harga Saham Gabungan (IHSG) ditutup melemah 0,17% ke level 6.078 pada perdagangan Rabu (16/6).

Tercatat, sebanyak 17,5 miliar saham diperdagangkan dengan nilai transaksi mencapai Rp12 triliun. Sebanyak 180 saham naik ke zona hijau dan 316 saham turun ke zona merah.

Investor asing melakukan aksi jual bersih senilai Rp453 miliar di seluruh pasar dan Rp393 miliar di pasar reguler. Saham PT Bank Rakyat Indonesia (Persero) Tbk. (BBRI), PT Perusahaan Gas Negara Tbk. (PGAS), dan PT Tower Bersama Infrastructure Tbk. (TBIG) menjadi tiga saham yang paling banyak dijual investor asing di pasar reguler.

Riset penutupan Pilarmas Investindo Sekuritas menuturkan, dari dalam negeri, saat ini pergerakan IHSG cenderung wait and see. Hal ini seiring dengan antisipasi risiko tak terduga dari pertemuan bank sentral Amerika serikat, The Fed, nanti malam. 

Sponsored

"Di lain sisi, progres anggaran PEN yang hingga saat ini belum mencapai 40% turut memberikan tekanan pada kepercayaan diri pelaku pasar," tulis Pilarmas Sekuritas. 

Menurut Pilarmas Sekuritas, anggaran kesehatan yang baru terealisasi 20% dari pagu, memberikan tanda tanya pada pelaku pasar terkait komitmen pemerintah dalam menangani pandemi. 

Saat ini, pemulihan dari pandemi menjadi harapan terkait naiknya kepercayaan diri dari pelaku usaha. Sehingga hal tersebut dinilai dapat menopang pertumbuhan ekonomi di tahun ini.

Berita Lainnya

2 varian Xiaomi Mi MIX 4 muncul di TENAA

Kamis, 29 Jul 2021 15:17 WIB

Pemkot Kediri upayakan tambah ambulans

Sabtu, 10 Jul 2021 18:32 WIB