sun
moon
a l i n e a dot id
fakta data kata
logo alinea.id

Single day, Alibaba raup penjualan US$ 30,70 miliar

Meski penjualan mencatat rekor, sebenarnya Alibaba mengalami penurunan penjualan.

Mona Tobing
Mona Tobing Senin, 12 Nov 2018 08:55 WIB
Single day, Alibaba raup penjualan US$ 30,70 miliar

Raksasa e-commerce Tiongkok, Alibaba Group Holding Ltd berhasil memecahkan rekor dengan menghimpun 213,5 miliar yuan atau setara US$ 30,70 miliar pada hari Singles Day kemarin (11/11). Meski meraup pendapatan besar namun secara tahunan justru penjualan Alibaba mencapai tingkat jenuh. 

Pembeli di Cina dan seluruh dunia dikagetkan dengan penjualan barang-barang seperti iPhone, furnitur, dan susu bubuk yang dimulai sebelum fajar. Barang-barang tersebut berhasil membuat penjualan di Alibaba mencapai US$10 miliar dalam waktu satu jam pertama setelah tengah malam.

Singles Day atau juga disebut Double 11 merupakan acara penjualan belanja online terbesar bahkan melampaui gabungan penjualan online terbesar di AS yakni Black Friday dan Cyber Monday. Awalnya acara ini untuk menyambut liburan siswa untuk menyambut singles day pengganti hari Valentine, akan tetapi berkembang menjadi festival belanja online satu bulan penuh dengan puncak penjualan pada tanggal 11 November.

Tahun ini, Alibaba melampaui penjualan selama satu hari penuh pada tahun 2017 sebesar 168 miliar yuan hanya dalam waktu kurang dari enam belas jam. Meskipun, penjualan mencetak rekor namun tingkat pertumbuhan penjualan tahunan turun dari 39% menjadi 27% atau berada di tingkat terendah dalam 10 tahun sejarah acara berlangsung.

Penyebab susutnya pertumbuhan karena perusahaan sedang bergulat dengan penjualan yang prospeknya lebih singkat ditengah ketegangan perdagangan dengan AS.

Awal bulan ini Alibaba merevisi turun penjualan prospek setahun 4-6%. Sehingga mempengaruhi harga saham perusahaan yang telah turun sekitar 16% atau hampir dua kali lipat dari tahun 2017.

Pertumbuhan penjualan online melambat di negara tembok besar termasuk Shanghai dan Beijing. Sehingga Alibaba menyebutkan sekitar 75% dari pendatang baru di kuartal terakhir berada di wilayah kurang berkembang.

Peralatan kecil dan kosmetik masih memiliki pasar yang kuat pada penjualan hari Minggu, namun tidak dengan penjualan barang-barang besar seiring turunnya pasar perumahan. Alasannya, orang tidak akan membeli barang besar kalau tidak memiliki rumah baru. (Ant)

Sponsored
Berita Lainnya
×
tekid