sun
moon
a l i n e a dot id
fakta data kata
logo alinea.id

Smartfren: Traffic data Ramadan dan Idulfitri meningkat 36%

Wilayah yang memberikan kontribusi terbesar dalam peningkatan akses layanan data adalah Jabodetabek dan Jawa Tengah.

Annisa Saumi
Annisa Saumi Selasa, 18 Mei 2021 14:18 WIB
Smartfren: Traffic data Ramadan dan Idulfitri meningkat 36%

PT Smartfren Telecom Tbk. (FREN) mengklaim berhasil mengatasi lonjakan traffic data di sepanjang Ramadan dan Idulfitri 1442 H, dengan melakukan optimasi jaringan, peningkatan kapasitas, dan penerapan teknologi jaringan yang dinamis. 

VP Network Operations Smartfren Agus Rohmat mengatakan, optimasi jaringan telah 100% diselesaikan sejak memasuki ramadan, serta peningkatan kapasitas dilakukan sesuai dengan meningkatnya traffic data. Langkah-langkah tersebut telah memastikan pelanggan bisa menikmati jaringan Smartfren yang 100% 4G, untuk mendukung kegiatan online seperti streaming hingga silaturahmi, menggunakan video call maupun media sosial.

Dia menyebut, peningkatan traffic data pada Ramadan dan Idulfitri 1442 H secara tahunan atau year on year (yoy) mencapai 36%. Wilayah yang memberikan kontribusi terbesar dalam peningkatan akses layanan data ini adalah Jabodetabek dan Jawa Tengah. Sementara kapasitas dan coverage nasional Smartfren, secara yoy telah berhasil ditingkatkan hingga rata-rata 14%, sehingga dapat mengatasi peningkatan yang terjadi.

“Kenaikan traffic data kali ini sedikit lebih tinggi dibandingkan prediksi, tetapi dapat ditangani dengan baik. Mayoritas kenaikan terjadi di wilayah pemukiman, mengingat saat ini diterapkan pembatasan kegiatan masyarakat (PPKM) dan banyak kegiatan yang dilakukan secara online dari lokasi masing-masing. Misalnya, silaturahmi dengan kerabat menggunakan video call, akses media sosial, hingga streaming video,” ujarnya dalam keterangan resmi, Selasa (18/5).

Sebagai antisipasi kenaikan traffic data tersebut, sebelumnya Smartfren juga menyiagakan Satgas Jaringan dan Network Operations Center (NOC) selama 24 jam, sekaligus didukung call centre Smartfren.

Dia menjelaskan, jaringan telekomunikasi Smartfren telah dirancang menggunakan desain full redundant dan memiliki teknologi automatic switch over, sehingga perubahan kebutuhan kapasitas bisa disesuaikan dengan cepat. Teknologi ini juga berkontribusi mempercepat penanganan jaringan, sehingga gangguan bisa diselesaikan kurang dari satu jam. 

Dengan rangkaian antisipasi tersebut, Smartfren berhasil memperkecil jumlah keluhan pelanggan terkait jaringan hingga sebesar 60%. Pada momen Idulfitri kali ini, Smartfren tidak mengerahkan mobile combat stasiun pemancar (BTS) sama sekali, karena minimnya mobilitas masyarakat di tengah berlakunya aturan PPKM.

Selain antisipasi dari sisi jaringan, Smartfren juga memberikan produk yang mendukung berbagai aktivitas pelanggan di bulan ramadan, yaitu Extra Unlimited Malam Full Speed yang otomatis aktif setiap hari pada pukul 01.00-05.00 WIB, pada saat sahur.

Sponsored
Berita Lainnya
×
tekid