sun
moon
a l i n e a dot id
fakta data kata
logo alinea.id

Sri Mulyani optimistis perekonomian tahun ini akan jauh lebih baik

Sri Mulyani sangat berharap perencanaan dan pelaksanaan dari program kesehatan dan pemulihan ekonomi ini bisa dilakukan secara mudah.

 Kania Nurhaliza
Kania Nurhaliza Selasa, 14 Sep 2021 17:46 WIB
Sri Mulyani optimistis perekonomian tahun ini akan jauh lebih baik

Menteri Keuangan Sri Mulyani Indrawati menyampaikan optimismienya pada perekonomian Indonesia di 2021. Dia menyebutkan, perekonomian pada tahun ini, akan jauh lebih baik dari tahun sebelumnya.

“Belajar dari 2020, insya Allah kita akan mengelola lebih baik. Meskipun segala situasinya tetap tidak mudah,” tutur Sri Mulyani dalam webinar Selasa (14/9).

Hal ini di buktikan dengan terus meningkatnya vaksinasi Covid-19. Sri Mulyani mengatakan, vaksinasi yang sudah dimulai tahun lalu akan terus diteruskan pada 2021. Dengan melihat supply vaksin di dunia yang sangat tidak pasti, proses vaksinasi pun tentunya tidak mudah. Pasti selalu ada tantangan yang harus dihadapi. Sehingga Ia mengatakan kementerian/lembaga yang secara tradisional mungkin tidak hanya berhadapan dengan kesehatan.

Akan tetapi, Sri Mulyani sangat berharap perencanaan dan pelaksanaan dari program kesehatan dan pemulihan ekonomi ini bisa dilakukan secara mudah, walaupun dihadapkan dengan tantangan yang luar biasa dinamis.

Sponsored

“Kita harus belajar dengan negara kita sendiri namun juga tetap belajar dari negara lain. Untuk itu tahun ini, kita meningkatkan program Penanganan Covid-19 dan Pemulihan Ekonomi Nasional (PC-PEN) yang tadinya pada awal tahun hanya didesain sekitar Rp300 triliun, namun saat ini sudah lebih dari itu,” ujarnya. 

Ia juga menegaskan, banyak dari kementerian/lembaga yang sedang melakukan redesign untuk programnya, meski sudah masuk bulan kesembilan. Sri Mulyani tetap berharap APBN dan APBD bisa menjadi motor penggerak untuk memulihkan ekonomi.

Berita Lainnya