sun
moon
a l i n e a dot id
fakta data kata
logo alinea.id

Strategi pemerintah selamatkan ekonomi Indonesia

Percepatan belanja pemerintah diyakini akan mendorong pertumbuhan ekonomi kuartal III-2020.

Nanda Aria Putra
Nanda Aria Putra Jumat, 21 Agst 2020 13:17 WIB
Strategi pemerintah selamatkan ekonomi Indonesia
Informasi mutakhir perkembangan Covid-19 di Indonesia bisa dilihat di sini
Terinfeksi 404.048
Dirawat 60.569
Meninggal 13.701
Sembuh 329.778

Ekonomi Indonesia dihantam badai pandemi hingga terpaksa minus 5,32% pada kuartal II-2020 atau terendah sejak krisis 1999. Kontraksi ekonomi sekaligus menyeret Indonesia ke bibir jurang resesi. 

Pemerintah menerapkan sederet strategi untuk menyelamatkan perekonomian Indonesia. Menteri Koordinator Perekonomian Airlangga Hartarto mengatakan bakal fokus melakukan akselerasi realisasi anggaran program-program strategis penanganan Covid-19 dan Pemulihan Ekonomi Nasional (PEN), serta program di kementerian/lembaga.

“Saya dan para menteri di bawah koordinasi Kemenko Perekonomian membahas hal-hal terkait strategi percepatan realisasi belanja program-program strategis, supaya ekonomi Indonesia tahun ini tumbuh positif,” kata Menko Perekonomian Airlangga Hartarto, Jumat (21/8).

Airlangga meyakini, percepatan belanja pemerintah akan mendorong pertumbuhan ekonomi kuartal III-2020 dan pertumbuhan ekonomi sepanjang tahun 2020. Untuk itu, pemerintah tengah mendorong strategi tersebut dengan berbagai upaya ekstra.

“Kami juga menyiapkan sistem monitoring dan evaluasi yang rutin dan secara reguler dilaksanakan koordinasi untuk percepatan realisasi belanja ini,” ujarnya.

Adapun usulan program yang sedang disiapkan, yakni pinjaman PEN Daerah, tambahan Dana Insentif Daerah (DID) untuk program PEN, program padat karya Peremajaan Sawit Rakyat (PSR), pengembangan Desa Digital dan UMKM Digital, penambahan kuota alokasi program Kartu Prakerja, program Gerakan Belanja di Pasar Rakyat, serta program padat kkarya dalam Pembangunan Proyek Strategis Nasional (PSN).

Sementara itu, sejumlah kementerian dan lembaga juga mengajukan beberapa usulan program, yakni: program Bangga Buatan Indonesia, program Beli Karet untuk Aspal 2020-2021, program Beli Bahan Baku Industri Kecil dan Menengah, program Beli (diskon) Produk UMKM, program Beli Produk Rakyat melalui Pegadaian, serta program padat karya Penyangga Wisata.

Menurutnya, usulan-usulan program tersebut diajukan karena memenuhi kriteria mendorong pemulihan ekonomi, berdampak signifikan terhadap penyerapan pekerja maupun share pertumbuhan ekonomi, dan nilai programnya yang cukup besar. 

Sponsored

“Dari aspek pangan dan pertanian, pemerintah telah berhasil mendorong Produk Domestik Bruto (PDB) sektor pertanian triwulan II-2020 memasuki jalur pertumbuhan positif 2,19% year on year (yoy),” ucapnya.

Pengembangan kawasan food estate berbasis korporasi petani di lahan rawa Kalimantan Tengah juga tengah dikembangkan. Food estate ini diarahkan dapat membangun sistem produksi pangan modern dan berkelanjutan dalam rangka memperkuat ketahanan pangan dan peningkatan kesejahteraan petani. 

"Tahun 2020 ini, pemerintah menargetkan pengembangan kawasan food estate di lahan rawa tersebut seluas 30.000 hektare (ha)," katanya.

Dalam rangka memberikan sentimen positif kepada para investor dan mempercepat proses pemulihan ekonomi, dari aspek perniagaan dan industri, pemerintah memberikan berbagai fasilitas investasi baik berupa fasilitas perpajakan maupun non perpajakan. Seperti, kemudahan ketersediaan tanah dan kesiapan infrastruktur. 

“Selain itu, guna memberikan dorongan terhadap kegiatan ekspor dan impor, khususnya impor bahan baku dan bahan modal, maka pemerintah juga terus mengurangi hambatan impor bahan baku atau penolong khususnya untuk industri yang berorientasi ekspor,” kata Airlangga. 

Untuk membantu sektor Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM), pemerintah telah mempercepat penyaluran dana bantuan produktif UMKM dan pinjaman super lunak Kredit Usaha Rakyat (KUR) super mikro untuk pekerja yang terkena pemutusan hubungan kerja (PHK) dan ibu rumah tangga yang memiliki bisnis.

Dari segi riset dan inovasi, pemerintah segera bekerja sama dengan Badan Usaha Milik Negara (BUMN) dan swasta yang bergerak di bidang farmasi. Langkah ini dilakukan agar kebutuhan vaksin dapat segera diperoleh dalam jumlah yang lebih banyak. 

Selain itu, untuk kerja sama ekonomi internasional, guna mendukung upaya pemulihan ekonomi Indonesia dengan mitra, pemerintah bekerja sama dengan Uni Emirat Arab dan Korea Selatan guna memberlakukan Travel Corridor Arrangement (TCA). 

TCA merupakan fasilitas kunjungan singkat bagi sektor pebisnis esensial dan diplomatik yang akan melanjutkan berbagai proyek kerja sama investasi dan bisnis secara bilateral tanpa mengorbankan protokol kesehatan di tengah pandemi Covid-19. 

“Saat ini, pemerintah Indonesia membahas pengaturan TCA dengan Republik Rakyat Tiongkok (RRT),” tuturnya.

Sementara itu, pada periode 2020-2024 pemerintah akan mengejar sebagian Proyek Strategis Nasional (PSN) yang dikerjakan dengan program padat karya dan memberikan tambahan tenaga kerja langsung sebesar 209.139 orang. 

PSN ini meliputi sektor bendungan, irigasi, jalan tol, penyediaan air bersih, sanitasi, bandara, pelabuhan, perkeretaapian, dan  infrastruktur kawasan. 

“Kegiatannya meliputi pekerjaan saluran, pemasangan pagar, galian dan timbunan, land clearing, instalasi pipa sambungan rumah, site cleaning, pemasangan rel, balas atau pemberat, wesel kereta api, dan lain-lain,” imbuhnya.

Berita Lainnya