sun
moon
a l i n e a dot id
fakta data kata
logo alinea.id

Telkomsel: Pandemi percepat adopsi teknologi digital

Diperkirakan terjadi lompatan 5% hingga 10% dalam hal digitalisasi setelah Covid-19.

Annisa Saumi
Annisa Saumi Senin, 06 Jul 2020 13:48 WIB
Telkomsel: Pandemi percepat adopsi teknologi digital

Direktur Utama Telkomsel Setyanto Hantoro mengatakan pandemi Covid-19 mempercepat adopsi teknologi digital. Pandemi Covid-19 mengakibatkan digitalisasi meningkat hingga 10%, dari sebelumnya berkisar 57% menjadi 67%. Peningkatan digitalisasi tersebut juga termasuk di sektor keuangan.

"Ada estimasi setelah Covid-19 terjadi lompatan 5% hingga 10% dalam hal digitalisasi. Di Telkomsel sendiri kami merasakan pelanggan Telkomsel yang mengonsumsi layanan Telkomsel, berpindah ke layanan digital," kata Setyanto dalam webinar Kafegama, Senin (6/7).

Setyanto mencontohkan, pelanggan Telkomsel yang biasanya melakukan pembelian pulsa melalui lapak-lapak tradisional, saat ini beralih menggunakan jalur pembayaran digital. Sebelum pagebluk, kata Setyanto, sekitar 60% pelanggan Telkomsel membeli pulsa melalui lapak tradisional. Saat ini, 60% pelanggan Telkomsel beralih membeli pulsa melalui layanan digital.

"Digital payment itu meningkat tajam. Padahal ini dulu kami dorong susah sekali," ujarnya.

Sponsored

Meskipun digitalisasi ini meningkat, Setyanto mengatakan tak semua penduduk Indonesia mendapatkan layanan digital yang sama. Dalam hal inklusi keuangan misalnya, hingga 2019 baru 49% penduduk Indonesia yang masuk dalam inklusi keuangan.

Sementara apabila dibandingkan dengan jumlah kepemilikan handphone, penetrasinya sudah melebihi jumlah penduduk Indonesia. Sehingga, kata Setyanto, hal ini bisa menjadi kolaborasi antara perusahaan telekomunikasi dan perbankan untuk memperluas inklusi finansial.

"Ini potensi yang sangat besar, kuncinya adalah kolaborasi. Digitalisasi ini akan membuat sektor keuangan jauh lebih efisien. karena cost savingnya bisa sampai 80% hingga 90%," tuturnya.

Berita Lainnya