sun
moon
a l i n e a dot id
fakta data kata
logo alinea.id

Tes GeNose akan digunakan di bandara

GeNose C19 telah diaplikasikan di stasiun kereta api.

Nanda Aria Putra
Nanda Aria Putra Selasa, 23 Feb 2021 20:35 WIB
Tes GeNose akan digunakan di bandara
Informasi mutakhir perkembangan Covid-19 di Indonesia bisa dilihat di sini
Terinfeksi 1.263.299
Dirawat 160.142
Meninggal 34.152
Sembuh 1.069.005

Kementerian Perhubungan (Kemenhub) berencana mengaplikasikan alat pendeteksi Covid-19 buatan Universitas Gadjah Mada (UGM) yakni GeNose C19, di bandara-bandara di Indonesia.

Menurut Menteri Perhubungan (Menhub) Budi Karya Sumadi, rencana tersebut diambil setelah mendapat masukan dari para pelaku di sektor transportasi udara, pascamelihat pengaplikasian alat tersebut di stasiun kereta api.

"Saat ini teman-teman dari sektor udara menginginkan penggunaan GeNose C19," katanya dalam video conference, Selasa (23/2).

Dia menjelaskan, amino masyarakat terhadap alat screening Covid-19 buatan anak bangsa tersebut sangat tinggi

Pemerintah telah menempatkan alat tersebut di delapan stasiun kereta api dan rencananya akan ditingkatkan hingga ke 44 stasiun di seluruh Indonesia.

"Kami sudah melakukan penggunaan GeNose di banyak stasiun, yaitu delapan stasiun dan akan dikembangkan sampai 44 stasiun," ujarnya.

Namun demikian, dia menyampaikan akan terus meninjau ulang penggunaan alat tersebut di stasiun. Dus, dapat digunakan dengan lebih sempurna di bandara-bandara di Indonesia.

"Tentu kami melakukannya dengan hati-hati. Saya pikir yang dilakukan pada sektor kereta api ini baik sekali untuk dijadikan penyempurnaan cara mekanisme dan juga SOP-nya (standar operasional prosedur)," ucap Budi.

Sponsored
Berita Lainnya

Pemerintah berupaya jaga pasokan vaksin

Kamis, 25 Feb 2021 02:39 WIB

Pemerintah jaga pasokan vaksin

Kamis, 25 Feb 2021 02:32 WIB