sun
moon
a l i n e a dot id
fakta data kata
logo alinea.id

Tesla kirim tim kunjungi Indonesia Januari 2021

Pemerintah akan merayu Tesla agar mau berinvestasi di Indonesia.

Nanda Aria Putra
Nanda Aria Putra Senin, 28 Des 2020 16:03 WIB
Tesla kirim tim kunjungi Indonesia Januari 2021

Menteri Perindustrian (Menperin) Agus Gumiwang Kartasasmita mengatakan, produsen mobil listrik Tesla, inc. akan mengirimkan timnya ke Indonesia pada Januari nanti untuk menindaklanjuti pembicaraan Presiden Joko Widodo (Jokowi) dengan pendiri Tesla, Elon Musk, beberapa waktu lalu.

"Tesla akan mengirim timnya Januari nanti ke Indonesia untuk follow up pembicaraan presiden dengan pemilik Tesla," kata Agus dalam konferensi pers akhir tahun 2020 secara virtual, Senin (28/12).

Dia mengatakan, dalam lawatan tim Tesla tersebut pada Januari nanti, pihaknya akan berupaya keras untuk meyakinkan pabrikan mobil listrik tersebut agar mau berinvestasi di Indonesia.

"Kami akan berupaya sedemikian rupa agar Tesla bisa melakukan investasinya di Indonesia. Its a good start, kami akan memanfaatkan sebaik mungkin untuk meyakinkan mereka investasi di Indonesia," ujarnya. 

Sponsored

Agus menjelaskan, Indonesia akan menjadi pasar yang menarik bagi sejumlah pabrikan mobil listrik dunia, mengingat rasio kepemilikan mobil di Indonesia masih jauh lebih rendah dibandingkan Thailand, Malaysia, dan Filipina. Padahal, Indonesia memiliki populasi yang lebih besar.

Apalagi, Indonesia menargetkan pada 2030 akan menjadi negara dengan kekuatan 10 besar ekonomi dunia. Dengan kekuatan ekonomi yang meningkat, tingkat konsumsi masyarakat juga akan meningkat. Dus, penjualan mobil juga akan lebih tinggi.

"Bisa dibayangkan ketika daya beli masyarakat jauh meningkat, pasti di situ akan mendorong masyarakat secara alamiah akan beli mobil. Itu ruangnya sangat besar. Itu yang sangat dilihat calon investor, belum lagi kendaraan berbasis baterai," ucapnya.

Berita Lainnya