sun
moon
a l i n e a dot id
fakta data kata
logo alinea.id

Tokopedia blokir ribuan akun yang jual mahal alat kesehatan

Permintaan produk dan alat kesehatan seperti masker dan hand sanitizer meningkat.

Nanda Aria Putra
Nanda Aria Putra Senin, 23 Mar 2020 18:13 WIB
Tokopedia blokir ribuan akun yang jual mahal alat kesehatan
Informasi mutakhir perkembangan Covid-19 di Indonesia bisa dilihat di sini
Terinfeksi 385.980
Dirawat 63.556
Meninggal 13.205
Sembuh 309.219

Situs e-commerce Tokopedia telah menutup ribuan toko mitra yang menaikkan harga jual produk dan alat kesehatan di atas batas normal. VP of Corporate Communications Tokopedia, Nuraini Razak mengatakan hal ini untuk melindungi konsumen dari praktik merugikan di tengah pandemi Covid-19.

Nuraini mengakui ada lonjakan permintaan untuk beberapa produk yang memicu kenaikan harga, seperti masker dan hand sanitizer.

"Menanggapi harga, atau judul, atau deskripsi tidak wajar atas produk kesehatan maupun kebutuhan pokok lain sebagai dampak dari Covid-19, Tokopedia telah menutup permanen ribuan toko online," katanya dalam keterangan resmi, Senin (23/3).

Tak hanya itu, pihaknya juga telah melarang tayang puluhan ribu produk yang terbukti melanggar ketentuan yang sudah ditetapkan oleh Tokopedia tersebut.

Nuraini melanjutkan, tindakan ini dilakukan untuk mencegah terjadinya pemanfaatan momen-momen krisis seperti ini oleh oknum yang tidak bertanggung jawab. 

Pasalnya, di tengah pembatasan gerak (social distancing) yang tengah berlangsung, belanja online menjadi satu pilihan yang mau / tidak mau harus diambil konsumen.

"Karena belanja online dapat menjadi alternatif mengurangi risiko penyebaran virus di tempat ramai. Selain itu, langkah ini dinilai dapat mendorong penjual selalu memastikan ketersediaan produk, juga menjaga harga tetap stabil," ucapnya.

Sementara itu, untuk mendukung pencegahan persebaran coronavirus semakin massif, dia mengatakan, Tokopedia memberikan pemotongan biaya layanan 100% bagi merchant dengan kategori alat kesehatan dan kebutuhan pokok lainnya. 

Sponsored

"Tokopedia juga memotong biaya layanan 100% untuk penjual di kategori produk kesehatan dan kebutuhan pokok lain," jelasnya.

Berita Lainnya